Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musyawarah Kerja dan Rapat Koordinasi KKG PAI Kota Depok Tahun 2022

Hari ini, Rabu 9 Februari 2022, Guru PAI UPTD SDN Ratujaya 1, Ibu Badriah S.Pd.I diundang untuk mengikuti Musyawarah Kerja dan Rapat Kordinasi (Musker dan Raker) pengurus KKG tingkat Kota Depok.
Musyawarah Kerja dan Rapat Kordinasi KKG PAI Kota Depok 2022


Ibu Badriah sendiri merupakan pengurus KKG PAI di tingkat Kecamatan Cipayung. Selain beliau turut hadir juga pengurus lainnya. Di antaranya wakil ketua Bapak Adam Maulana (Guru PAI SDN Cipayung 1) dan Sekretaris Bapak Dani Ramdani (Guru PAI SDN Utan Jaya).

Musker/Rakor tersebut dilaksanakan di SDN Depok 1 mulai dari pukul 13.00 hingga pukul 17.00 WIB. SDN Depok 1 beralamat di Jalan Pemuda Pancoranmas Kota Depok.

Ada beberapa poin penting dalam Musyawarah Kerja dan Rapat Kordinasi ini, di antaranya:

Pergantian Ketua KKG PAI

Bapak H. Kamaludin, S.Ag., telah purna menjabat menjabat ketua KKG PAI Kota Depok dengan masa bakti 2018-2022. Beliau kemudian digantikan oleh Bapak Miftahul Ulum, M.Pd., guru SDN Beji 7 melalui proses voting.
Serah terima jabatan ketua KKG PAI Kota Depok 2022


Selama menjabat ketua KKG PAI Kota Depok, H. Kamaludin, S.Ag., menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program kerja PAI SD sampai dengan berakhirnya kepengurusan masa Bhakti 2017 sampai dengan 2022.

Prosesi serah terima jabatan itu disaksikan langsung oleh Ketua Umum AGPAII Kota Depok, Bapak Syafrudin, M.Pd. Juga disaksikan oleh utusan dan pengurus KKG dari 11 kecamatan di Kota Depok. Dalam acara ini juga dilakukan serah terima secara simbolis pengurus KKG PAI SD yang lama kepada pengurus KKG PAI Kota Depok yang baru.

Peningkatan Mutu Guru PAI

Dalam kesempatan lain, Ketua AGPAII Kota Depok, Bapak Syafrudin, M.Pd., menyampaikan agar Guru Pendidikan Agama Islam lebih meningkatkan lagi kompetensinya dengan mengikuti kegiatan Program Guru Penggerak. 
ketua AGPAII Kota Depok tahun 2022


Alhamdulillah sudah ada beberapa guru PAI yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan guru penggerak sehingga guru tidak ketinggalan untuk terus berinovasi.

Membahas Guru Penggerak, peran KKG PAI diantaranya adalah kegiatan guru berguru. Dalam forum guru berguru, guru PAI mengikuti pelatihan-pelatihan. Misalnya Guru Menulis, Penelitian Tindakan Kelas, dan pelatihan membuat model pembelajaran.

Program Kedepan


Menjelang Bulan Ramadhan, program kerja KKG PAI meliputi berbagai kegiatan. Diantaranya Pentas PAI yang direncanakan akan dilaksanakan di bulan Mei 2022.

Sementara itu, KKG PAI tingkat kota Depok juga akan mempersiapkan pentas PAI untuk tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di bulan Juni. Sebelumnya, KKG PAI tingkat kota Depok juga harus mengkondisikan pelaksanaan di tingkat kecamatan.

Untuk kegiatan di bulan Ramadhan, pengurus KKG PAI membuat program rutinitas pesantren Ramadhan dan kegiatan bakti sosial santunan yatim & dhuafa.

Sebenarnya, program kedepan KKG PAI lebih banyak lagi dari yang disebutkan tadi. KKG PAI Kota Depok yang memiliki sekretariat di Jalan Akses UI, Kelapa Dua Kota Depok ini, akan membahas program-program kerja lanjutannya.

Setelah mengikuti Musker/Raker tersebut, Ibu Badriah menyampaikan hasil kegiatannya ke kepala sekolah. Beliau menyampaikan harapannya untuk bisa berkontribusi dan menyumbangkan prestasi untuk SDN Ratujaya 1.

"Setelah saya mengikuti KKG ini saya ingin menghantarkan peserta didik SDN. Ratujaya 1 memiliki prestasi yang membanggakan kalau bisa sampai ke tingkat provinsi", harap Ibu Badriah, S.Pd.I.,

Peran SDN Ratujaya 1 bagi KKG PAI

SDN Ratujaya 1 memiliki peran penting dalam pelaksanaan program KKG PAI. Ibu Badriah, S.Pd.I., selaku ketua KKG PAI Tingkat Kecamatan Cipayung menjadi tokoh dalam program-program KKG PAI.

Selama menjabat, beliau merasa bersyukur mengantarkan salah satu sekolah sebagai utusan Kecamatan Cipayung menjadi juara ke-3 dalam lomba MHQ (Mushabaqoh Hidzil Quran) di tingkat provinsi.

Selama pelaksanaan program juga, Bu Badriah dibantu Ibu Sapuroh, S.Pd.I., juga mempunyai program dalam meningkatkan prestasi siswa di SDN Ratujaya 1 dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KKG PAI. Diantaranya mempersiapkan peserta didik yang berprestasi di bidang PAI, melatih dan membina calon peserta yang akan berlomba. 

Namun, Ibu Sapuroh saat ini dipindahtugaskan ke sekolah lain. Pelatihan dan pembinaan kegiatan/program KKG PAI menjadi tanggung jawab sepenuhnya Ibu Badriah. Hebatnya, beliau tetap optimis meskipun kehilangan Ibu Sapuroh yang terbiasa menjadi partnernya.

SDN Ratujaya 1 memiliki beberapa prestasi untuk kegiatan KKG PAI. Berikut adalah deretan prestasi tersebut:
Tahun Tingkat Prestasi Mata Lomba
2016 Kecamatan Juara 1 Lomba Cerdas Cermat PAI
2016 Kecamatan Juara 3 MHQ
2016 Kota Depok Juara Harapan 1 Lomba Cerdas Cermat PAI
2017 Kecamatan Juara 1 Lomba Cerdas Cermat PAI
2017 Kecamatan Juara 1 Qosidah
2017 Kota Depok Juara 3 Qosidah
2017 Kecamatan Juara 3 Berkisah Putra
2017 Kecamatan Juara 2 Berkisah Putri
2017 Kecamatan Juara 3 Azan
2018 Kecamatan Juara 2 Kaligrafi
2018 Kecamatan Juara 1 Lomba Cerdas Cermat PAI
2021 Kecamatan Juara 3 Lomba Cerdas Cermat PAI
Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

Post a Comment for "Musyawarah Kerja dan Rapat Koordinasi KKG PAI Kota Depok Tahun 2022"