Thursday, 2 June 2016

APLIKASI EXCEL PROGRAM SEMESTER FULL OTOMATIS




A. Latar Belakang
   Pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi adanya kesulitan guru dalam penyebaran alokasi waktu masing-masing Kompetensi Dasar kedalam kolom mingguan tiap bulan. Saat penyusunan promes, kadang menggunakan pensil untuk menyebarkan alokasi waktu agar semua alokasi terisi hingga akhir bulan semester. Kemudian setelah semuanya dirasa sudah beres barulah mengenakan pulpen/pen tinta (kadang juga sebaran alokasi waktu masih menggunakan coretan pensil). Di sini letak ketidak-akuratannya. Kadang guru luput mengisi alokasi waktu pada hari di kolom mingguan yang jadwal pelajarannya terdapat hari libur. Alhasil, sebaran alokasi waktu yang tidak semestinya di kolom mingguan tertentu ïtetap guru isikan. Ketidakakuratan dan ketidakefektifan tersebut tentu membuat guru merasa dipusingkan.

   Dasar penyebaran alokasi waktu pada program semester diawali dengan mengkaji Kalender Pendidikan. Biasanya Kalender Pendidikan diterbtitkan oleh Dinas Pendidikan terkait agar menjadi acuan sekolah-sekolah dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya. Dari Kalender Pendidikan tersebut, guru menghitung jumlah hari efektif pada masing-masing bulan setiap semesternya. Kemudian guru menghitung jumlah Stgurur Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dengan formulasi/rumus tertentu agar alokasi waktu tersebar sesuai dengan jumlah hari efektif belajar-nya. Hasil dari formulasi inilah yang menjadi dasar guru dalam menyebarkan alokasi waktu saat penyusunan program semester pembelajaran di kelasnya.

B. Sekilas Tentang Aplikasi
   Aplikasi ini dibuat untuk membantu guru dalam penyusunan Program Semester. Prosedur kerja aplikasi ini diawali dengan pemberian keterangan kalender pendidikan. Pada Keterangan Kalender ini guru dapat memberi warna atau keterangan kegiatan tertentu yang nantinya akan dibuat Kalender Pendidikan untuk guru. Setelah Kalender Pendidikan guru buat, guru bisa otomatis melihat Jumlah Hari dan Jam Efektif Belajar secara otomatis. guru dapat melihat berapa hari efektif pada masing-masing bulan. Kemudian guru dapat melihat secara langsung berapa banyak jumlah Jam Pelajaran (JP) untuk masing-masing pelajaran. Jumlah JP pada masing-masing pelajaran disesuaikan dengan jadwal pelajaran di kelas yang guru ajarkan. Misalkan mata pelajaran Matematika pada jadwal pelajaran di kelas 6 adalah hari Senin, Rabu, dan Kamis. Pada hari Senin = 2 JP, Rabu = 3 Jp, Kamis = 3 JP. Jumlah JP mata pelajaran Matematika untuk satu semester dihitung berdasarkan jumlah dari jumlah hari efektif dikalikan masing-masing JP pada jadwal pelajaran. Setelah prosedur di atas sudah guru lewati, guru tinggal menyusun program semester. Guru tinggal memberikan alokasi waktu pada kompetensi dasar nantinya aplikasi akan otomatis menyebarkan alokasi waktu pada masing-masing kolom mingguan program semester.

  Aplikasi ini dibuat di Microsoft Excel dengan bantuan formula untuk menjadikan
aplikasi ini serba otomatis. Guru dapat membuat file terpisah dari  aplikasi ini kemudian secara otomatis pula dapat tersimpan di PC/Laptop/Komputer guru. Penyimpanan hasil file terpisah tersebut (berupa file PDF, ataupun Ms.Excel) dapat dilihat di Drive : D pada FOLDER APLIKASI PROMES (Sangat disarankan PC/Komputer/Laptop  mempunyai Drive: D ).

Menu bar ini dibuat khusus untuk mempercepat kinerja aplikasi. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mempergunakan dalam proses pembuatan program

C. Fitur/Kelebihan Aplikasi
   Fitur:
   - Mengedit sendiri katerangan kalender
   - mengedit warna pada tanggal tertentu sesuai selera pengguna/guru untuk kalender pendidikan
   - Keterangan kalender hijriah (seperti Bulan Ramadhan, Idul Fitri, idul Adha) tanggalnya sudah otomatis. Kalender tersebut disesuaikan dengan kalender Um Al-Quro (Kalender Hijriah Internasional)
   - Dapat dibuat Kalender Pendidikan dengan tanda tangan yang diatur sendiri (diatur di laman Beranda)
   - Semua laman aplikasi dapat dibuat file terpisah baik dalam bentuk file excel maupun pdf
   - semua hasil pembuatan terpisah dapat tersimpan di folder tertentu secara otomatis
   - Folder yang dimaksud di atas adalah folder yang dapat dibuat secara otomatis oleh aplikasi. Nama folder dapat disesuaikan dengan isian pada laman Beranda
   - Aplikasi ini dapat digunakan pada tahun pelajaran kapan pun.

D. Screenshot Aplikasi dan Keterangannya
   Gambar 1: Laman Beranda
screenshot aplikasi program semeter full otomatis
Gambar 1

   Keterangan:
   - Berisikan informasi tentang identitas si pembuat Promes
   - Laman ini berguna untuk penamaan Folder tempat penyimpanan file terpisah dari aplikasi
  
   Gambar 2: Edit Kalender
cara menggunakan aplikasi program semester
Gambar 2

   Keterangan:
   - Berisikan data tentang keterangan kalender pendidikan
   - berisikan settingan untuk memberikan warna pada tanggal tertentu di kalender pendidikan
   - Kalender Hijriah (seperti Bulan Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dll) sudah otomatis sesuai kalender Um Al Quro

   Gambar 3: Lihat Kalender Pendidikan
tampilan kalender kegiatan, contoh aplikasi promes kalender pendidikan
Gambar 3

   Keterangan:
   - Hasil/Tampilan Kalender Pendidikan untuk pengguna/guru yang digunakan sebagai bahan adminstrasi kelasnya

   Gambar 4: Analisis Hari dan Jam Efektif Belajar
aplikasi promes menampilkan jumlah hari efektif
Gambar 4

   Keterangan:
   - Berisikan informasi tentang kalender pendidikan pada semester yang dipilih pada laman Beranda (Gambar 1)
   - Berisikan informasi jumlah hari efektif tiap bulan pada semester tertentu
   - Berisikan informasi jumlah jam efektif belajar masing-masing mata pelajaran

   Gambar 5: Halaman Program Semester
proses penyebaran kd pada masing-masing kalender
Gambar 5

   Keterangan:
   - Halaman untuk penyusunan program semester secara otomatis
   - Pengguna/guru mengisikan semua data program semester seperti Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, dan Alokasi waktu.
   - Guru dapat mengisi alokasi waktu untuk masing-masing KD, maka otomatis penyebarannya akan terisi.

E. Penutup
   Aplikasi ini dibuat di SDN Ratujaya 1 Kota Depok sebagai bentuk dari pengejawantahan Kompetensi Profesional seorang guru. Karya ini didedikasikan untuk sekolah dalam rangka mempermudah kinerja guru Sekolah Dasar.
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon