Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seberapa Penting Berkomunikasi Secara Efektif Dalam Kehidupan Kita ?

 Bagaimana sih komunikasi itu bisa Efektif ?


PENGERTIAN Komunikasi Efektif

Sebelum kita menuju bagaimana komunikasi menjadi efekiti, kit acari tahu dahulu apa itu komunikasi efektif.

Komunikasi Efektif yaitu seseorang yang mengalami perubahan sikap saat melakukan proses komunikasi atau dalam proses komunikasi.

Komunikasi sendiri memiliki pengertian, yakni penyampaian pesan informasi antara dua belah pihak atau lebih. Penyampaian pesan tersebut dan secara lisan, verbar atau dalam bentuk digital yang dapat dimengerti oleh kedua pihak.

Selain itu komunikasi juga dpat dilakukan secara nonverbal, yakni dengan menggunakan gestur gerak bagian tubuh yang menunjukan sikap tertentu. 

komunikasi efektif

Dalam komunikasi efektif ini memiliki faktor yang dapat mempengaruhi, di antranya :

Latar belakang budaya

Kebiasaan seseorang dalam menginterpretasikan suatu pesan akan membentuk sebuah pola piker secara kebersamaan. Oleh karena itu latar belakang yang sama akan membuat komunikasi semakin efektif.

Ikatan kelompok atau group

Setiap kelompok memiliki nilai yang dianut oleh anggotanya yang mempengaruhi dalam cara mengamati setiap pesan.

Harapan

Pesan yang sesuai dengan harapan akan mempengaruhi penerima pesan begituhpula sebaliknya.

Pendidikan

Pendidikan akan menyesuaikan dalam menyikapi setiap isi pesan dengan berbagai sudut pandang yang semakin luas.

Situasi

Lingkungan/situasi akan mempengaruhi manusia dalam menyampaikan pesan begitu juga dalam menerima pesan.

Unsur-unsur Komunikasi

Kominikasi efektif memiliki unsur-unsur di dalamnya, di antaranya :

1. Komunikator.

Pengirim pesan menggunakan media tertentu. Hal ini merupakan awal dari suatu komunikasi.

2. Komunikan

Peran kominikan ialah yang menerima pesan dari pengirim, kemudian dipahami, menermahkan dan memberikan respon.

3. Media

Media adalah alat yang digunakan dalam menyampakan pesan. Dapat berupa Bahasa verba nonverbal, tulisan, gambar, Bahasa tubuh dan sandi.

4. Pesan.

Ini merupakan isi dari pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Penjelasan isi pesan ini berpengaruh terhadap kelancaran ataupun keberlanjutan komunikasi.

5. Tanggapan.

Ini merupakan dampak dari respon dari penerimaan pesan. Yang diimplementasikan dalam berntuk Tindakan yang sesuai dengan pesan diterima.

Tujuan Komunikasi Efektif

Tujuan dari Komunikasi Efektif sebenarnya adalah memberi kan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informsi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan.

Agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seimbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.

FUNGSI KOMUNIKASI EFEKTIF

Komunikasi efektif berfungsi sebagai :

1. Fungsi informasi.

Untuk memberitahukan sesuatu (pesan) kepada pihak tertentu, dengan maksud agar komunikan dapat memahaminya.

2. Fungsi ekspresi.

Sebagai wujud ungkapan perasaan / pikiran komunikator atas apa yang dia pahami terhadap sesuatu hal atau permasalahan.

3. Fungsi kontrol.

Menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, dengan memberi pesan berupa perintah, peringatan, penilaian dan lain sebagainya.

4. Fungsi sosial.

Untuk keperluan rekreatif dan keakraban hubungan di antara komunikator dan komunikan.

5. Fungsi ekonomi.

Untuk keperluan transaksi usaha (bisnis) yang berkaitan dengan finansial, barang dan jasa.\

Hambatan-hambatan Komunikasi Efektif

Di dalam komunikasi  selalu ada hambatan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya proses komunikasi . Sehingga informasi dan gagasan yang disampaikan tidak dapat diterima dan dimengerti dengan jelas oleh penerima pesan atau receiver.

Berikut  hambatan-hambatan yang menyebabkan komunikasi tidak efektif  yaitu adalah

1. Status effect

Adanya perbedaaan pengaruh status sosial yang dimiliki setiap manusia.Misalnya karyawan dengan status sosial yang lebih rendah harus tunduk dan patuh apapun perintah yang diberikan atasan. Maka karyawan tersebut tidak dapat atau takut mengemukakan aspirasinya atau pendapatnya.

2. Semantic Problems

Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaanya kepada komunikan. Demi kelancaran komunikasi seorang komunikator harus benar-benar memperhatikan gangguan sematis ini, sebab kesalahan pengucapan atau kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau penafsiran (misinterpretation) yang pada gilirannya bisa menimbulkan salah komunikasi (miscommunication). 

3. Perceptual distorsion 

Perceptual distorsion dapat disebabkan karena perbedaan cara pandangan yang sempit pada diri sendiri dan perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain. Sehingga dalam komunikasi terjadi perbedaan persepsi dan wawasan atau cara pandang antara satu dengan yang lainnya. 

4. Cultural Differences

Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya perbedaan kebudayaan , agama dan lingkungan sosial. Dalam suatu organisasi terdapat beberapa suku, ras, dan bahasa yang berbeda. Sehingga ada beberapa kata-kata yang memiliki arti berbeda di tiap suku. 

5. Physical Distractions

Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi. 

6. Poor choice of communication channels

Adalah gangguan yang disebabkan pada media yang dipergunakan dalam melancarkan komunikasi. Contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya sambungan telephone yang terputus-putus, suara radio yang hilang dan muncul, gambar yang kabur pada pesawat televisi, huruf ketikan yang buram pada surat sehingga informasi tidak dapat ditangkap dan dimengerti dengan jelas.

7. No Feed back

Hambatan tersebut adalah seorang sender mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak adanya respon dan tanggapan dari receiver maka yang terjadi adalah komunikasi satu arah yang sia-sia. 


Post a Comment for "Seberapa Penting Berkomunikasi Secara Efektif Dalam Kehidupan Kita ?"