Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Workshop Penyusunan Bahan Ajar UPTD SDN Ratujaya 1 Tahun Pelajaran 2021- 2022 Semester Genap

 Workshop Penyusunan Bahan Ajar UPTD SDN Ratujaya 1 Tahun Pelajaran 2021- 2022  Semester Genap

UPTD SDN Ratujaya 1  menggelar acara workshop penyusunan bahan ajar dalam rangka menyambut semester 2 tahun pelajaran 2021 – 2022. Workshop tersebut dilaksanakan 3 hari diawali pada hari rabu, 5  sampai dengan 7 januari 2022.


Workshop Bahan Ajar


Sebagai penanggungjawab Workshop  Kepala Sekolah SDN Ratujaya 1 yaitu Ibu Titin Supriatin,M.Pd. Selaku ketua pelaksana Ibu Ruliyanti,S.Pd, serta Pemateri Bapak Ade Andriansyah,S.Pd dan Ibu Sartika Marini,S.Pd.

Adapun isi materi dari kegiatan diskusi atau workshop adalah :

1.  Pembukaan

2. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Sekolah

3. Prinsip Pengembangan, Penyusunan, Evaluasi Bahan Ajar

4. Prinsip Perencanaan dan Perancangan Bahan Ajar

5. Metodologi Pembelajaran

6. Penyusunan Bahan Ajar

7. Telaah kelayakan Bahan Ajar

8. Penutup

Mengawali pembukaan workshop  hari pertama Rabu, 5 Januari 2022 adalah Bu Ruliyanti,S.Pd  dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya diikuti peserta workshop. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Ibu Ruliyanti,S.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan Workshop Penyusunan Bahan Ajar Tahun Pelajaran 2021 - 2022 Semester Genap. 

Masih di hari yang sama Pemateri selanjutnya Ibu Sartika Marini,S.Pd menyampaikan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Sekolah. Hasil dari materi ini agar penyusun mengetahui batasan dan inovasi yang dapat digali serta direalisasikan.

Di hari kedua Kamis, 6 Januari 2022 pemateri selanjutnya Ibu Titin Supriatin,M.Pd menyampaikan Bagaimana Prinsip Pengembangan materi, serta kaidah- kaidah penyusunan, dan Evaluasi Bahan Ajar agar dimengerti dan dipahami oleh peserta didik. Lalu materi selanjutnya Prinsip Perencanaan dan Perancangan Bahan Ajar dengan mengumpulkan masing-masing Kompetensi Dasar(KD) pertema dari setiap Subtema. Adapun rancangan penyusunan bahan ajar dibuat minimal  15 lembar.

Lalu selanjutnya  materi Metodologi pembelajaran  disampaikan oleh Ibu Sartika Marini agar memudahkan menyusun  bahan ajar sesuai aturan yang berlaku, setelah itu para penyusun dipandu oleh Bapak Ade Andriansyah  menyusun bahan ajar berdasarkan kelas yang diampunya.


Di hari Terakhir Jum'at, 7 Januari 2022, tibalah pengumpulan dan telaah kelayakan bahan ajar oleh Ibu Titin Supriatin,M.Pd apakah sudah sesuai dengan arahan, kaidah penyusuan.

 Alokasi waktu  materi  masing-masing JP@ 60 menit, apabila dijumlahkan selama 32 jam. Kegiatan ini diikuti semua guru dan staf sekolah, terdiri dari guru kelas, guru bidang studi, serta penjaga sekolah.

Kegiatan Workshop dibagi menjadi dua tim dalam penyusunan yaitu kelas rendah (1, 2, 3) dan Kelas tinggi (4, 5, 6), masing-masing tim mempunyai kordinator pengumpulan bahan ajar, sebagai kordinator kelas rendah yaitu Ibu Annisa Setiawati,S.Pd merangkap penyusun bahan ajar kelas 1, sedangkan kelas 2 dipegang oleh Ibu Sartika Marini,S.Pd dan kelas 3 Ibu Miftah Mawaddah,S.Pd. Tim ini menggarap tema 5, 6, 7, 8 yang berisi 4 Subtema 6 Pembelajaran.

 

Workshop Bahan Ajar


Selanjutnya Tim kelas tinggi digawangi oleh Bapak Ade Andriansyah,S.Pd sekaligus penyusun bahan ajar kelas 6, lalu Ibu Ruliyanti,S.Pd menyusun bahan ajar kelas 5 dibantu oleh Bapak Sandy, dan kelas 4 disusun oleh Ibu Jettri Meigawati,S.Pd dibantu Ibu Dyah Puji ,S.Pd. Untuk kelas tinggi diawali dari tema 6,7,8, 9 yang berisi 3 Subtema 6 Pembelajaran

Bahan ajar disusun pertema diberikan kepada siswa setiap bulannya.



Post a Comment for " Workshop Penyusunan Bahan Ajar UPTD SDN Ratujaya 1 Tahun Pelajaran 2021- 2022 Semester Genap"