Sunday, 7 November 2021

PENGGUNAAN E-LAMASO DI MASA PANDEMI

 

PENGGUNAAN E-LAMASO DI MASA PANDEMI -


Pandemi Covid -19 yang melanda negeri Indonesia ini berdampak pada semua sektor tatanan kehidupan. Dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun,  masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan virus covid 19. Dampak yang diakibatkan oleh  virus covid -19 ini merambah semua sector kehidupan, seperti, sektor industri, perdagangan, ekonomi , pendidikan dan lainnya. Tidak sedikit pabrik-pabrik, warung-warung atau bentuk ekonomi dalam usaha mikro kecil  maupun besar yang mengalami gulung tikar. Pengurangan karyawan dalam perkantoran, pabrik dan sebagainya. Hilangnya  mata pencaharian masyarakat di masa masa pandemi covid-19 ini mengakibatkan meningkatnya jumlah pengangguran .

Dalam dunia pendidikan pandemi covid-19 ini menimbulkan permasalahan tersendiri  dalam proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar yang semula dilaksanakan secara langsung berubah menjadi pembelajaran secara online atau virtual. Guru dan siswa tidak diperkenankan bertatap muka secara langsung selama proses pembelajaran . Guru dan siswa hanya bisa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berupa laptop atau  handphone melalui fitur whatsapp ataupun fitur lainnya  yang sudah tersedia dalam perambahan dengan bantuan jaringan internet.


SD Negeri Ratujaya 1 sendiri selama pandemic covid 19 ini menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan bantuan smartphone melalui media whatsaap. Namun, berdasarkan analisis, penggunaan media whatsaap kurang mengakomodir kebutuhan guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Hal ini yang memicu semangat guru di SDN Ratujaya 1 untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa secara menyeluruh.

Ade Andriansyah,S.Pd, guru kelas 6 di SDN Ratujaya 1 berinovasi dengan membuat sebuah akun pembelajaran sejenis LMS yang diberi nama e-Lamaso.  E-Lamaso dibuat dengan maksud untuk memberikan kemudahan guru dalam pembelajaran jarak jauh dan ,memberikan pengalaman baru untuk siswa dalam mengenal teknologi digital.



Aplikasi e-lamaso tersebut menyediakan berbagi fitur-fitur untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Seperti absensi ,form ulangan harian, google meet dan banyak fitur lain nya. Tidak hanya untuk siswa, namun e-lamaso juga memudahkan guru dalam menyiapkan perangkat-perangkat admistrasi pembelajaran seperti absen siswa, analisis, rekap ulangan ,PTS ,PAS, dan sampai ke nilai akhir ( Raport ) .

Hadirnya E-lamaso di tengah-tengan pandemi ini menjadi angin segar bagi guru dan siswa serta menjadi bentuk pengaplikasian program literasi digital SDN Ratujaya 1, namun dengan kemudahan ini semua tenaga pendidik memegang teguh pesan dari KS "agar tidak melupakan proses " . Semoga tenaga pendidik lainnya bisa berinovasi ,serta mengembangkan potensi digital yang terpendam dalam diri. (Anisa).

Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon