Tuesday, 12 May 2020

Pekan Minggu Ceria: Cintai Lingkungan Sosial Kita (Selasa, 12 Mei 2020)

Assalamualaikum, Ayah Bunda SDN Ratujaya 1.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Sebagaimana sebelumnya telah Kami sampaikan mengenai Pekan Minggu Ceria. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Agenda Kegiatan Harian kedua Pekan Minggu Ceria di UPTD SDN Ratujaya 1.

Ayah-Bunda, Agenda Harian Pekan Minggu Ceria pada hari ini, Selasa, 12 Mei 2020, adalah Cintai Lingkungan Sosial Kita. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang membuktikan adanya sikap kepedulian sosial kita terhadap lingkungan sekitar.
Contoh dan laporan Tugas Pekan Minggu Belajar Selasa 12 Mei


Apa itu Sikap Kepedulian Sosial

Ayah Bunda, Sikap Kepedulian Sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan (Darmiyati Zuchdi [2011:170]). Sikap ini begitu penting untuk dijadikan karakter dasar putra-putri kita.

Kesadaran untuk membantu orang lain akan menimbulkan sikap empati terhadap orang lain. Bentuk kesadaran ini menjadi kebutuhan bagi peserta didik agar kelak menjadi manusia yang memiliki sikap empati terhadap sesama.

Ayah Bunda, Kepedulian sosial sangat erat dengan kehidupan lingkungan sosial. Keluarga merupakan lingkungan sosial terkecil yang dialami setiap orang. Tidak terkecuali putra-putri kita. Di lingkungan keluarga inilah pertama kali manusia bagaimana manusia berinteraksi. Hal yang paling penting diketahui bahwa lingkungan rumah itu akan membawa perkembangan perasaan sosial yang pertama (Abu Ahmadi & Uhbiyati, 2001: 278).


Contohnya, perasaan simpati putra-putri kita kepada orang tua akan muncul ketika merasakan simpati karena telah diperhatikan, diurus, diberi kasih sayang dengan sebaik-baiknya. Dari perasaan simpati ini, putra-putri kita akan timbul rasa cinta dan kasih sayang kepada orang tua dan anggota keluarga yang lain. Perasaan ini akan menimbulkan sikap saling peduli yang akan dibawa kemana pun putra-putri kita berada. Maka dari itulah dalam Pekan Minggu Ceria kita akan melaksanakan kegiatan yang menyenangkan berkaitan dengan sikap kepedulian sosial.

Ayah Bunda, jika kita perhatikan. Tidak sedikit kita sering melihat kejadian orang-orang yang kurang memiliki sikap peduli. Misalnya menjadi penonton saat terjadi kecelakaan, sikap acuh terhadap tetangga, tidak ikut serta dalam kegiatan masyarakat.

Lingkungan sosial terkecil seharusnya dipelihara keharmonisannya. Keharmonisan dalam keluarga begitu penting dalam membentuk sikap peduli. Menjaga keharmonisan, membentuk dan mendidik sikap kepedulian sejak dini di mulai dari lingkungan sosial terkecil akan membentuk sikap kepedulian sosial. Nantinya akan mendukung sampai pada tingkat masyarakat yang lebih luas, bahkan dampaknya bagi negara.

Cintai Lingkungan Sosial Kita

Ayah Bunda, program Pekan Minggu Ceria hari ini bertemakan Cintai Lingkungan Sosial Kita. Sesuai penjelasan di atas, begitu sangat penting sikap kepedulian. Melalui kegiatan yang menyenangkan, dan dengan menciptakan keharmonisan bersama putra-putri kita dan keluarga, kita akan memahami bahwa putra-putri kita sebenarnya sudah memiliki sikap kepdulian sosial.

Mengapa? Sebab interaksi sosial di lingkungan keluarga sebenarnya telah membentuk sikap kepedulian sosial putra-putri kita. Tentunya, Ayah Bunda berinteraksi dengan putra-putri dengan penuh kasih sayang. Timbul sikap empati akan terbentuk, meski kadarnya setiap keluarga berbeda.

Nah, melalui tema inilah Pekan Lingkungan Sosial akan menggali sikap kepedulian kita. Mencintai sesama lingkungan sosial kita dan bagaimana bentuknya. Ayah Bunda lebih memahami. Sebab Ayah Bunda telah mewariskan sikap kepdulian sosial kepada putra-putri.

Bagaimana Membuat Kegiatan Cintai Lingkungan Sosial

Ayah Bunda, sesungguhnya banyak sekali contoh-contoh kegiatan yang menunjukkan Sikap Kepedulian Sosial. Mencintai lingkungan sosial pada dasarnya adalah kegiatan yang menunjukkan sikap kepedulian kita kepada orang lain.

Selama masa PSBB, tentu adanya kekhawatiran bagi Ayah Bunda dalam menunjukkan sikap kepedulian sosial. Mengingat anjuran pemerintah untuk tetap di rumah aja maka kegiatan ini wajib dan tetap mematuhi prinsip Physical Distancing dan Social Distancing. Pergunakan masker saat keluar rumah dan selalu cuci tangan.

Bisa juga membuat kegiatan yang sifatnya tetap mencerminkan sikap kepedulian sosial.

Contoh Kegiatan Sikap Kepedulian tentang Cintai Lingkungan Sosial

Ayah Bunda, sikap kepedulian sosial sebenarnya telah sering dilakukan Ayah Bunda bersama keluarga. Contohnya memberikan makanan kepada tetangga, memberi bantuan kepada anggota keluarga dan tetangga. Kegiatan-kegiatan ini tentu sering dilakukan dan termasuk sikap kepedulian sosial.

Dalam Pekan Minggu Ceria ini, Ayah Bunda bisa mengajak putra-putri untuk melakukan kegiatan yang pernah atau sering dilakukan yang berkaitan dengan penumbuhan sikap kepedulian sosial.

Misalnya, selama masa PSBB dan bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan, kepedulian sosial masih tetap dilakukan. Dengan mematuhi anjuran pemerintah, kita masih bisa mengamalkan sikap kepedulian sosial.

Form Laporan Pekan Minggu Ceria








Silakan Unggah Media (Poto, Video, Voicenote, dll)

Kirim Media

Selanjutnya, klik tombol kirim data. Semua informasi akan diinput ke database kami.


www.sdnratujaya1.net

Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon