Wednesday, 15 April 2020

Belajar Di Rumah Melalui TVRI dan LAMASO: X-SAINS (Selasa, 14 April 2020)

Pendahuluan

Buka Halaman Pendahulua
Tutup Halaman Pendahuluan
Assalamualaikum, Sahabat Lamaso...

Setelah kemarin kita mempelajari Matematika dengan Pak Ridwan dan Lamaso, hari ini Selasa, 14 April 2020 kita akan menyimak pelajaran IPA.

Kalian tentu sudah menonton acara TVRI kan?

Bersama Lamaso kita akan memperdalam materi yang disajikan oleh Kemendikbud melalui TVRI. Dalam Program Belajar di Rumah (BDR) selama masa Pendemi Covid-19 Kalian sangat disarankan untuk belajar #DiRumahAja. Jangan lupa tetap jaga kesehatan, selalu menggunakan masker, dan tetap belajar.

Hari ini kita akan membahas materi IPA tentang Magnet. Sesuai dengan jadwal, hari ini pelajarannya adalah IPA dengan tema X Sains

Kalian dapat melihat semua program Belajar di Rumah (BDR) untuk satu minggu kedepan ini dalam tabel berikut:

Geser tabel untuk melihat data tabel lebih lengkap.
JamTingkat/KelasHari/Tanggal
Senin,
13 April 2020
Selasa,
14 April 2020
Rabu,
15 April 2020
Kamis,
16 April 2020
Jumat,
17 April 2020
Sabtu,
18 April 2020
Minggu,
19 April 2020
8:00 - 8:30 PAUD Jalan Sesama Jalan Sesama Jalan Sesama Jalan Sesama Jalan Sesama PodBox PodBox
8:30 - 9:00 Kelas 1 - 3 Sahabat Pelangi Gemar Mat: Operasi Hitung Bilangan Cacah Sahabat Pelangi Gemar Mat: Sifat Bangun Datar Sahabat Pelangi PodBox PodBox
10:03 - 10:30 Kelas 4-6 Gemar Mat: Akar dan Pangkat X-Sains: Magnet Cerita Rakyat & Budaya Dokumenter: Kain Tenun Sengkang Gemar Mat:Pengolahan Data Talkshow: Talkshow:
10:30-11:00 SMP Dokumenter: Karimun Jawa Mat Mantul: Perbandingan Dokumenter: Javanologi Mat Mantul:Teorema Phytagoras Dokumenter: Ayam Betutu Talkshow Talkshow
14:03 - 14:30 SMA Sains: Virus Mat: Frekuensi Harapan Dokumenter: Noken Mat:Trigonometri Ilmu Sosial: Pancasila Dokumenter Dokumenter
14:30 - 15:00 Parenting Tahap Perkembangan Anak Anak Berkebutuhan Khusus Tahap Perkembangan Anak Pengasuhan Anak di Era Digital Disiplin Positif Magazine Magazine
19:00 - 21:00 Film Film Anak: Battle of Surabaya -
21:30 - 23:30 Film - Drama: 2 Menit Dokumenter: Banda Komedi: Uang Panas - Festival: Kulari ke Pantai -
Geser tabel untuk melihat data tabel lebih lengkap.

Nah, bersama Tim Lamaso. Kami mencoba menambah pemahaman yang telah Kalian tonton di TVRI. Sekaligus menginformasikan konten materi dan pelajarannya. Sehingga, kegiatan BDR seperti kegiatan belajar di sekolah sesungguhnya.

Melalui web sekolah dan Lamaso Whatsapp, LAMASO (Latihan Mandiri Siswa Online) memberikan praktik baik dalam program pembelajaran di rumah melalaui siaran TVRI kepada murid-murid, guru, dan orang tua melalui platfrom berbasis daring ini.

Platform ini digunakan untuk Tingkat SD Kelas 4 - 6 dengan konten Materi: IPA: X Sains Kelas 4 - 6 sesuai dengan Program Minggu ke-1 Kemendikbud.

Melalui platform Lamaso, kita akan menambahkan materi tambahan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran mengenai IPA. Kami menambahkan ringkasan materi, contoh soal dan pembahasan, soal latihan berbasis Ulangan Harian, US, USBN, dan sejenisnya. Kemudian, dengan memanfaatkan fitur Lamaso, Latihan soal kami sajikan sebagai tagihan penilaian pembelajaran.

Bagi Anda selaku guru atau orang tua siswa dapat melihat hasil pekerjaan anak-anak kita melihat di web kami di alamat Belajar di Rumah bersama TVRI dan LAMASO materi X-Sains untuk hari Selasa, 14 April 2020. Bapak dan Ibu dapat melihat hasil latihan siswa di link tersebut. Bagi Anda selaku guru, Anda dapat mendownload file Excel tersebut untuk dapat memfilter nama-nama murid Anda. Semoga hasil belajar ini dapat membantu proses kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Petunjuk Penggunaan Lamaso

Bagi Guru

  1. Gunakan Lamaso ini untuk kegiatan pembelajaran
  2. Lamaso ini diadaptasikan dari Dialy Program Mingguan Belajar di Rumah Bersama Melalui TVRI
  3. Lamaso ini memuat Tugas Wajib dan Tugas Pilihan. Guru dapat menentukan Tugas Pilihan untuk dijadikan penilaian atau tidak. Komunikasikan dengan murid Anda untuk tugas pilihan ini.
  4. Hasil nilai akan kami otomatis berubah seiring pengerjaan siswa. Data dapat dilihat pada data Excel di yang ada di situs sekolah kami
  5. Bagi guru yang akan mendownload soal-soal Ulangan (soal yang dijadikan Soal Ulangan) ada di laman versi web. Tidak ada di versi Lamaso WhatsApp
  6. Kunci jawaban pada pemuatan soal ini mungkin saja tidak sesuai dengan harapan Bapak/Ibu guru (terjadi human error), maka dari itu kami sarankan untuk memeriksa jawaban di Excel pada database Lamaso
  7. Bagi guru yang ingin dibuatkan Lamaso, hendaknya kirim proposal pemuatannya ringkasan materi, soal, kunci jawaban dan/atau pembahasannya dalam bentuk Ms. Word. Kirimkan ke kontak yang ada di web sekolah kami Form Contact www.sdnratujaya1.net atau via Whatsapp kami.

Kompetensi dasar

Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
Mata PelajaranKelasKompetensi Dasar
IPAKelas 43.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
Kelas 53.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)
Kelas 63.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
Penilaian Tagihan (Berdasarkan Tagihan Hasil Nilai pada Lamaso)
Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
Bentuk Mata Pelajaran Kelas KD Keterangan
Tugas 1IPA43.3Tugas Wajib segmen 1, refrensi soal dari Dialy Program Mingguan
Tugas 2IPA63.5Tugas Wajib segmen 2, refrensi soal dari Dialy Program Mingguan
Tugas 3IPA53.9Tugas Wajib segmen 3, refrensi soal dari Dialy Program Mingguan
PILIHAN GANDAPengetahuan Umum4 - 6 No. 1 s/d 2 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan
PILIHAN GANDAPengetahuan Cegah Covid-194 - 6 No. 3 s/d. 5 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan
PILIHAN GANDAIPA4 - 6 No. 6 s/d. 15 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan

Daftar Nilai

Akan tampil di Sini:

Ringkasan Materi

Lamaso versi 2020e

LATIHAN MANDIRI SISWA ONLINE
(#DiRumahAja)

LAtihan MAndiri Siswa Online

Daftar Isi

    Pendahuluan

    Bagi Kalian yang telah menonton TVRI pada hari Selasa, 14 April 2020 Pukul 09.00 - 09.30 WIB, Bagaimana pembelajarannya?

    Mari kita ulas ya ....

    Segmen 1: Magnet dan Sifat-sifatnya

    Simak video dari Kak Herman berikut ya ...

    Nah, menurut Kalian apa itu Magnet?

    Apa saja sifat-sifat magnet?

    Benda-benda apa saja yang dapat ditarik oleh Magnet?

    Apa manfaat kita mempelajari magnet?

    Semua itu kita akan mempelajarinya di sini!

    Magnet dan Pengertiannya

    Gaya magnet adalah gaya ditimbulkan oleh magnet atau benda magnetis. Gaya magnet akan menarik benda-benda yang bersifat magnetis, misalnya logam.

    Magnet memilik daerah yang dapat menarik benda tertarik/tertolak yang disebut dengan medan magnet. Daerah magnet atau medan magnet yang paling kuat adalah di kutub-kutubnya. Setiap magnet memiliki kutub Utara (disimbolkan dengan huruf [U]) dan kutub Selatan (disimbolkan dengan huruf[S])

    Magnet dapat dibedakan menjadi magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam contohnya magnet bumi. Sedangkan magnet buatan adalah magnet yang sengaja dibuat. Contoh magnet buatan adalah magnet U, magnet jarum, magnet silinder, magnet ladam (tapal kuda), dan magnet batang.

    Magnet dapat dipotong menjadi magnet-magnet kecil. Magnet ini disebut dengan magnet elementer atau magnet domain. Magnet elementer atau magnet domain adalah magnet kecil yang menyusun terbentuknya suatu magnet. Kutub-kutub yang dihasilkan oleh magnet elementer ini memiliki sifat yang sama yaitu dapat menarik benda.

    Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda-benda magnetis. Contohnya, beberapa jenis logam seperti baja, besi, paku, klip kertas, kawat, dan lain-lain.

    Benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magneti disebut dengan benda-benda nonmagnetis. Contohnya benda-benda selain logam, seperti kertas, kayu, batu, kain, dan lain-lainnya.

    Karena sifatnya yang dapat menarik benda-benda magnetis, beberapa alat di sekitar kita yang memanfaatkan magnet tersebut banyak di temukan. Contoh alat yang memanfaatkan sifat magnet:
    1. Ujung obeng atau ujung gunting untuk memudahkan mengambil jarum jahit
    2. Bel listrik untuk menggerakkan pemukul lonceng
    3. Papan catur agar buah catur tidak mudah terguling
    4. Kompas sebagai petunjuk arah
    5. Dinamo sepeda dan genarator yang dijadikan untuk membangkitkan tenaga listrik
    6. Alat-alat untuk mengangkut benda-benda yang terbuat dari besi/logam.

    Sifat-sifat magnetis

    Tidak hanya dapat menarik benda-benda magnetis saja, magnet memiliki beberapa sifat magnet.

    Apa saja sifat-sifat magnet itu?

    1. Magnet dapat menarik benda-benda magnetis
      Sudah jelas, bukan, bahwa magnet akan menarik benda-benda magnetis. Sifat ini dapat dimanfaatkan oleh beberapa alat. Seperti, alat pengangkat besi.
      mesin yang memanfaatkan sifat magnet

      Mesin ini digunakan untuk mengangkat potongan logam-logam seperti besi dan baja. Potongan ini tentu memiliki sisi yang tajam sehingga kurang aman untuk diangkat oleh tangan biasa. Bahkan dengan mesin ini, dapat mengangkat potongan-potongan logam dalam jumlah banyak.

    2. Magnet memiliki dua kutub
      Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub Utara dan Kutub Selatan. Ujung kutub ini memiliki gaya tarik magnet paling kuat untuk menarik benda.

      Arah gaya magnet bergerak dari kutub Utara menuju ke kutub Selatan. Gaya magnet ini akan bergerak menuju kutub yang paling dekat daerahnya.

      Perhatikan arah gaya magnet berikut:
      arah gaya magnet
      Karena arah gaya magnet inilah terjadi tarik-menarik dan tolak-menolak. Arah gaya magnet disebut dengan medan magnet. Medan magnet bergerak dari kutub utara ke kutub selatan.

      Medan magnet akan mencari kutub yang lebih dekat. Jika didekatkan dengan kutub yang berlawanan, maka terjadi tarik menarik. Jika berlawanan, maka tolak menolak.

      Medan magnet yang terjadi saat tarik menarik seperti tunjukkan gambar berikut:

      Arah gaya tarik magnet keluar dari Kutub Utara menuju Kutub Selatan, Ketika ada Kutub Selatan dari magnet lain, maka arah gaya magnet akan mengarah ke Kutub Selatan magnet lain tersebut. Sehingga terjadi tarik menarik.

      Medan magnet yang terjadi saat tolak menolak seperti tunjukkan gambar berikut:


      Ketika Kutub Utara dihadapkan Kutub Utara magnet lain, maka arah gaya tarik mencari Kutub Selatannya masing-masing. Medan magnet kutub utara keluar menuju kutub selatan.

      Tahukah kalian, bahwa bumi pun memiliki gaya tarik magnet?

      Ya, Bumi juga memiliki kutub Utara dan Kutub Selatan. Daerah bumi di kutub memiliki gaya tarik magnet yang kuat. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan Kompas.

      kompas memanfaatkan magnet jarum

    3. Madan magnet mampu menembus benda
      Medan magnet menentukan kekuatan gaya magnet. Ketika medan magnet dihalangi benda-benda tertentu, kekuatan gaya magnetnya ditentukan oleh ketebalan dan jarak benda-benda magnetisnya. Semakin tebal benda yang menghalanginya, gaya magnet semakin berkurang.

      Sifat ini sering dimanfaatkan pada pemasangan kancing magnet pada baju tertentu.

      kancing magnet

    Cara membuat magnet

    1) Cara induksi


    Yaitu dengan cara menempelkan benda-benda yang bersifat logam dengan magnet sehingga benda yang bersifat logam tersebut dapat menarik benda-benda. kutub-kutub yang dihasilkan berlawanan dengan kutub utama yang berdekatan.
    Cara induksi dalam membuat magnet

    2) Cara gosokan


    cara membuat magnet dengan gosokan Yaitu dengan cara menggosokan benda logam dengan magnet dalam satu arah lurus. Kutub yang dihasilkan dari cara gosokkan adalah Ujung logam yang ditinggalkan magnet menjadi kutub magnet yang berlawanan dari kutub magnet yang meninggalkan.

    3) Memberi aliran listrik

    Yaitu dengan melilitkan kabel yang beraliran listrik.
    cara membuat magnet dengan aliran listrik

    Arah kutub pada magnet ini adalah dengan bantuan genggaman tangan. Keempat jari menandakan arah arus listrik (arah arus listrik mengalir dari kutub positif menuju ke kutub positif pada baterai), sedangkan ibu jari menunjukkan kutub utara pada paku. Selebihnya perhatikan gambar berikut:
    cara menentukan arah kutub magnet

    Tugas 1 (Wajib)

    Benda-benda apa saja di rumahmu yang bisa ditarik magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik magnet?

    Tuliskan di Buku Tugasmu lalu poto dan unggahlah di sini!
    Tugas 1



    Segmen 2: Eksperimen Pensil Melayang

    Kereta magnet bekerja dengan prinsip levitasi magnetik. Istilah levitasi berasal dari bahasa latin Levitas yang berarti melayang.

    Proses melayang suatu objek dapat memanfaatkan medan magnet disebut dengan levitasi magnetik. Prinsip ini menolak gaya tarik magnet dengan menggunakan magnet sebagi penangkal. Kalian tentu masih ingatkan salah satu sifat magnet apabila dua kutub yang senama maka akan terjadi tolak-menolak.

    Nah, sifat magnet inilah yang diterapkan pada prinsip kerja levitasi magnetik. Selain kereta magnet, banyak juga loh yang memanfaatkan prinsip levitasi magnetik. Salah satu contohnya eksperimen prinsip melayang.

    Simak video segmen 2 berikut ini:

    Tugas 2 (Wajjib)

    Menarik yah ada kereta yang bisa melayang seperti kereta magnet Maglev. Dan ternyata, kita juga bisa membuat pensil melayang! Pertanyaan: Bagaimana kereta magnet Maglev menggunakan gaya magnet?

    Kerjakan di buku tugasmu, lalu poto dan unggah di sini:
    Tugas 2


    Nah, apa lagi ya yang memanfaatkan prinsip levitasi magnet yang memanfaatkan sifat-sifat magnetik.

    Silakan simak video berikut!



    Segmen 3:Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

    Ayo simak video berikut:
    Sebelum Kalian memahami apa itu larutan elektrolit dan nonelektrolit, Ada baiknya kita pahami dulu apa itu zat tunggal, zat campuran, unsur, senyawa, dan larutan.

    Setiap benda disebut dengan materi. Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas. Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.

    Zat Tunggal dan Zat Campuran

    Perhatikan dialog berikut:

    Ayah dan ibu Danu mengajak Danu dan Paman Rizki makan soto banjar. Kemudian, mereka menuju warung yang menjual soto khas banjar. Mereka memesan soto banjar dan beberapa minuman.

    “Ayah minum air mineral dan Paman memesan es teh?” Tanya Danu.

    “Iya,” jawaban Ayah. Paman Rizki mengangguk sambil tersenyum.

    “Kenapa Danu?” Tanya Paman.

    “Itu berarti ayah mengonsumsi zat tunggal karena meminum air putih.

    Sedangkan Paman Rizki mengonsumsi zat campuran karena meminum es teh. Es teh terdiri atas air, teh, dan gula,” jelas Danu.

    Hampir bersamaan ibu, ayah, dan Paman Rizki tertawa mendengar penjelasan Danu.
    Nah, bagaimana? Apa kalian paham apa itu zat tunggal dan zat campuran?

    Begini, Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi atau zat tunggal. Air putih termasuk zat tunggal sebab hanya ada satu zat saja berupa air.

    Contoh benda di sekitar yang termasuk zat tunggal yaitu kapur tulis, logam besi, dan kawat tembaga.

    Sedangkan Zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa jenis materi atau zat tunggal.Contoh benda di sekitar yang termasuk zat campuran, yaitu minuman susu, campuran air dan pewarna, campuran air dan teh, campuran air dan kapur, campuran air dan minyak.

    1. Zat tunggal atau disebut zat murni
      Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.
      1. Unsur
        Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam. contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

      2. Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.
    2. Zat Campuran
      Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.
      1. Zat campuran Homogen
        Zat campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

      2. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.

    Dari penjelasan di atas, berarti Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit termasuk kedalam zat campuran homogen.

    Larutan elektrolit dan nonelektrolit didasarkan dari kemampuan larutan dalam menghantarkan arus listrik.

    1. Larutan elektrolit
      Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik karena didalamnya terurai ion muatan positif (disebut kation) dan ion muatan negatif (disebut anion)

      Contoh larutan elektrolit adalah larutan garam.

      Di dalam larutan garam terdapat air dan garam. Ingat, garam termasuk ke dalam zat tunggal berupa senyawa yang terdiri dari unsur Natrium (Na) dan Clorida (Cl). Ketika garam (NaCl) larut dalam air, unsur-unsurnya terutai membentuk ion bermuatan listrik. Dalam larutan tersebut, Natrium (Na) akan menjadi ion positif (kation) dan Clorida akan menjadi ion negatif (anion).
    2. Larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak mampu menghantarkan arus listrik karena didalamnya tidak terurai menjadi ion-ion bermuatan listrik.
    Zat tunggal ada dalam bentuk unsur atau senyawa.

    Ayo Bemain Game!

    Setelah Kalian menonton video pembelajaran dari Kak Herman dan pendalaman materi di atas, Ayo kita berlatih. Pilihlah opsi jawaban, pembahasan akan muncul setelah Kalian memilihnya.
    1. X Sains adalah ...


    2. Kutub-kutub magnet terdiri dari ....


    3. Jika suatu kutub utara magnet didekatkan dengan kutub selatan magnet lain, maka yang terjadi adalah ....


    Tugas 3 (Wajib)

    Dari tayangan tadi kita belajar kalau air garam dan air asam jawa bisa mengantarkan arus listrik. Pertanyaan: Kenapa air garam bisa mengantarkan arus listrik?
    Kerjakan di buku tugasmu, lalu poto dan unggah di sini:
    Tugas 3

    Latihan Soal

    Setelah belajar dengan materi di atas, Kini saatnya Kalian berlatih menjawab soal latihan. Lengkapi formulir isian berikut dengan benar, lalu kerjakan setiap soal latihan. Hasil Nilaimu akan muncul pada laman "Lihat Daftar Nilai di Database Lamaso pada halaman Nilai"
    Buka Halaman Petunjuk
    Tutup Halaman Petunjuk

    Bagi Siswa:

    1. Pelajarilah baik-baik konten pembelajaran online ini.
    2. Lengkapi form data siswa terlebih dahulu dengan benar, hingga muncul tombol MULAI dengan cara:
      1. Isi form email dengan akun google. Contoh namamu@gmail.com. Jika pengisian benar, maka input pilihan selanjutnya akan aktif.
      2. Bagi siswa SDN Ratujaya 1, Pilih SDN Ratujaya 1. Maka akan otomatis data kecamatan dan nama sekolah akan terisi.
        Kalian tinggal isi Nama Siswa dan kelas Kalian. Lengkapi data Nama dan Kelas Kalian maka akan muncul tombol Mulai.
        Atur durasi waktunya lalu klik tombol Mulai untuk mengejakan soal latihan.
      3. Bagi siswa bukan SDN Ratujaya 1, pilih Sekolah Lain. Pilihan Dalam/Luar Kota Depok akan muncul.
        Jika sekolahmu berada di Kota Depok, maka:
        1. Pilih Kota Depok, maka akan muncul pilihan Kecamatan,
        2. pilih Kecamatan sekolahmu berada, maka akan muncul pilihan sekolah. Cari dan pilih nama sekolahmu.
        3. Input Nama dan Kelas Akan muncul, isilah dengan lengkap
        4. Setelah data terisi semua, maka akan muncul tombol Mulai.
        5. Atur durasi waktu pengerjaan soal
        6. Klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihan.
        Jika Sekolahmu bukan dari Kota Depok, maka:
        1. Pilih Luar Kota Depok, maka semua isian Kecamatan, Nama Siswa, dan Kelas akan aktif
        2. Lengkapi semua data hingga muncul tombol Mulai
        3. Atur durasi pengerjaan soal, lalu klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihanmu
    3. Pembelajaran ini memuat satu pembelajaran yang disiarkan melalui TVRI, sangat disarankan murid-murid montonton siarannya pada pukul 09.00 - 09.30, hari selasa, 14 April 2020.
    4. Di Lamaso ini, akan ada tambahan materi. Baik berupa ringkasan materi, kuis, konten isi video, dan sumber materi lainnya.
    5. Di Lamaso ini, akan ada Tugas Wajib dan Tugas Pilihan. Tugas wajib adalah tugas yang harus dikejakan. Sementara tugas pilihan adalah tugas yang boleh dikejakan atau tidak. Minta petunjuk gurumu mengenai tugas pilihan di Lamaso ini.
    6. Sebelum mengerjakan/menginput jawabanmu, kerjakan terlebih dahulu di buku tugasmu.
    7. Jika seluruh tugas dan jawabanmu siap dan benar-benar yakin selesai, kerjakan di Lamaso ini untuk mengirimkan nilainya ke gurumu
    8. Pastikan semua tugas dan jawaban telah diinput semua sebelum dikirimkan ke gurumu
    9. Hasil nilai pengerjaanmu harus disimpan dalam bentuk pdf, kemudian kirimkan hasil pdf nilaimu ke gurumu
    10. Setelah puas dengna nilai hasil pengerjaanmu, kirimkan nilainya ke Database Lamaso untuk diinput ke daftar nilai (Klik tombol "kirim Nilaiku" pada halaman Hasil Akhir.
    11. Bagi yang tidak bisa menggunakan lamaso versi ini (pun bila ada perbaruan konten) silakan kunjungi web sekolah kami www.sdnratujaya1.net
    12. Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tetap #DiRumahAja

    Lengkapi Data dengan benar hingga muncul tombol Mulai

    Gmail : 
    Pilih Kota dan Kecamatan :
    Sekolah :
    Nama :
    Kelas :
    Alokasi Waktu : menit
    Pastikan semua terisi hingga muncul tombol Mulai di sini:
    LAMASO

    Setelah menge-klik tombol "Mulai mengerjakan" pada isian durasi waktu, tombol soal akan muncul di bawah.
    Durasi Penyelesaian 00: 00: 00
    PILIHAN GANDA
    Jawablah pertanyaan berikut ini dengan memilih opsi jawaban yang benar!
    1. Pembawa acara pada program X-Sains adalah ...

    2. X-Sains, berkaitan dengan mata pelajaran ....

    3. Tujuan menjaga jarak (Social distancing/Physical distancing) sebagaimana yang diinstruksikan oleh pemerintah kepada masyarakat yaitu….

    4. Upaya psikologis agar daya tahan tubuh kuat untuk menjaga agar tidak tertular COVID-19 adalah....

    5. Perhatikan langkah-langkah cara mencuci tangan berikut ini!
      1. ) Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan.
      2. ) Basahi tangan dengan air.
      3. ) Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
      4. ) Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.
      5. ) Gosok punggung tangan dan sela jari.
      6. ) Keringkan tangan dengan lap sekali pakai
      7. ) Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.
      8. ) Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
      9. ) Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
      Cara mencuci tangan yang baik dan benar yaitu ....

    6. Perhatikan gambar!
      ujung gunting memiliki sifat magnet
      Seorang penjahit mengambil jarum menggunakan ujung gunting seperti gambar di samping. Gaya yang mengakibatkan jarum dapat menempel pada ujung gunting adalah . . .

    7. Kayu tidak dapat ditarik oleh magnetik sebab kayu termasuk benda ...

    8. Arah garis gaya magnet bumi adalah ....

    9. Sebuah benda berbentuk persegi panjang ujung-ujungnya diberi tanda A dan B. Pada benda yang ditandai A didekatkan sebuah magnet dengan Kutub Utara dan benda tersebut tertarik oleh magnet. Percobaan selanjutnya, magnet didekatkan lagi pada benda di tanda B, dan terjadi tarik menarik juga.

      Berdasarkan ilustrasi di atas, benda persegi panjang yang ditanda A dan B pada ujung-ujungnya adalah ....

    10. Cara pembuatan magnet dengan cara induksi adalah dengan cara . . . .

    11. Perhatikan gambar cara pembuatan magnet berikut:
      arah pada magnet elektromagnetik
      Kuub A pada cara pembuatan magnet di atas adalah kutub . . . .

    12. Larutan termasuk ke dalam zat ....

    13. Garam termasuk zat tunggal ...

    14. Larutan elektrolit mampu mengantarkan arus listrik karena terjadi penguraian menjadi ion-ion bermuatan. Ion bermuatan positif disebut ...

    15. Ibu membuatkan kopi untuk ayah. Ayah menyukai kopi tanpa gula. Ketika diaduk, kopi tidak larut dengan sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa kopi yang dibuatkan ibu termasuk ....
    Jika yakin sudah selesai, Silakan klik tombol selesai pada kolom durasi di atas.
    LAMASO KURIKULUM 2013

    Hasil Nilai


    Nama Siswa :
    Mata Ujian :
    Nilai : 00 untuk Pilihan Ganda

    Untuk Isian (Validasi Gurumu)

    Diselesaikan pada : Waktu Selesai Mengerjakan
    Daftar Jawaban:
    Jumlah Tugas:
    Bentuk Mata Pelajaran Kelas KD Keterangan
    Tugas 1IPA43.3Tugas Wajib segmen 1, refrensi soal dari Dialy Program Mingguan
    Tugas 2IPA63.5Tugas Pilihan, mendaftar bilangan pangkat 2
    Tugas 3IPA53.9Tugas Pilihan, mendaftar bilangan pangkat 3

    Jumlah soal PG :

    Jumlah Soal sudah dijawab :

    Jumlah Soal belum dijawab :


    Bentuk Mata Pelajaran Kelas KD Keterangan
    PILIHAN GANDAPengetahuan Umum4 - 6 No. 1 s/d 2 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan
    PILIHAN GANDAPengetahuan Cegah Covid-194 - 6 No. 3 s/d. 5 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan
    PILIHAN GANDAIPA4 - 6 No. 6 s/d. 15 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan

    Pilihan Ganda dijawab:


    Simpan hasil nilai ini dalam bentuk pdf, lalu kirimkan ke WA Gurumu.


    Kirim Nilai ke Database Lamaso

    Selamat ya, Kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus. Ayo segera kirimkan nilai Kamu ke Lamaso. Daftarkan nilaimu untuk dikompetisikan bersama siswa-siswa lain.

    Kirim nilaimu di sini:

    Hasil nilaimu akan langsung otomatis terkirim ke database Lamaso. Pengumuman hasil seluruh nilai peserta kompitisi ini dapat Kamu tanyakan ke guru kelasmu. Kami sudah memberitahukan kepada pengawas binaan masing-masing (Khusus Kota Depok). Pengumuman umumnya, Kami akan posting di blog diposting di web www.sdnratujaya1.net

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    Lihat Daftar Nilai di Database Lamaso

    Tentang Lamaso

    Lihat Halaman Utama:

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    LAMASO KURIKULUM 2013

    Tentang LAMASO


    Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokaatuh ...

    LAMASO adalah singkatan dari LAtihan MAndiri Siswa Online. Lamaso sendiri dapat diartikan sebagai suatu aplikasi yang digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa dengan perantara jaringan untuk mengaksesnya. LAMASO dapat dijalankan di perangkat-perangkat elektronik semisal Komputer, Laptop, Smartphone, hingga Handphone.

    LAMASO berekstensi *html sehingga file berekstensi jenis ini dapat dijalankan oleh aplikasi peramban (browser) yang ada di hampir semua jenis perangkat elektronik. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal buka file-nya lalu dijalankan dengan peramban yang ada di perangkat elektronik yang kita miliki.

    Sesuai dengan namanya, LAMASO adalah media sebagai latihan mandiri. Sejenis LKS (Lembar Kerja Siswa) versi cetak, LAMASO adalah versi daring (dalam jaringan)/online dari LKS. Keunggulan LAMASO dibanding LKS tidak hanya menitikberatkan pada kepraktisan dan kemudahannya saja, melainkan pada satu kondisi dimana anak didik lebih kita arahkan untuk menggunakan fasilitas internet dengan benar. Nantinya, akan ada salah satu fitur di file LAMASO yang berisikan link-link informasi dalam menunjang materi latihan. Al hasil, LAMASO akan mengarahkan anak didik untuk mengakses informasi-informasi yang bermanfaat saja di internet.

    LAMASO yang Anda gunakan saat ini adalah LAMASO versi 2020c. Artinya LAMASO akan terus mengalami pembaharuan sesuai dengan kebutuhan. Fitur-fitur pada Lamaso ini di antaranya unggah poto (dengan gambar atau kamera HP), Game, memuat tulisan Arab, video, pembahasan dan lain-lain yang ada pada LAMASO yang Anda gunakan.

    Tentang Pembuat


    Nama : Ade Andriansyah, S.Pd.SD

    NIP : 19870710 201903 1 002

    Tempat tugas : SDN Ratujaya 1-Kota Depok

    Situs : www.sdnratujaya1.net

    Info penerapan Lamaso:Mengenal Lamaso, Media Pembelajaran online yang diterapkan di SDN Ratujaya 1
    Wassalamualaikum.

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    Tentang Lamaso

    Share ya...

    Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
    EmoticonEmoticon