Wednesday, 4 November 2020

PROGRAM DAN PELAKSANAAN PEMBINAAN MINAT DAN BAKAT SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Bab II pasal 2 UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Selaras dengan itu, Pendidikan Agama Islam jelas memiliki peranan penting, sehingga perlu adanya upaya-upaya peningkatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Ratujaya 1, selain harus diberikan melalui kegiatan kurikuler, juga harus diberikan melalui kegiatan ekstra-kurikuler. Kegiatan ekstra-kurikuler PAI di SDN Ratujaya 1 merupakan intensefikasi pendidikan PAI dalam rangka memberikan tambahan pengetahuan, pemahaman, pengalaman dan keterampilan pada peserta didik, mengingat alokasi waktu untuk pembelajaran PAI di SDN Ratujaya 1 terbatas hanya empat jam pelajaran perminggu. Kegiatan ekstra-kurikuler PAI di SDN Ratujaya 1 salah satunya diberikan dalam bentuk kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar yang disingkat PENTAS PAI SD.

PENTAS PAI SD bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam rangka mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan situasi, kondisi, dan potensi sekolah yang bersangkutan. Kegiatan PENTAS PAI SD juga dapat membentuk sikap, mental, sportifitas, kejujuran dan ukhuwah islamiyah antar sesama siswa, sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI.

Kegiatan PENTAS PAI bagi peserta didik Sekolah Dasar diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat sekolah, kecamatan, kota, provinsi sampai pada tingkat nasional. kegiatan PENTAS PAI SD merupakan agenda kegiatan prioritas tahunan bagi KKG PAI di seluruh Indonesia.

Selain mengikuti lomba cerdas cermat SDN Ratujaya 1 juga mengikuti lomba musabaqoh hifdzil qur'an dan menyanyi solo tingkat kecamatan sampai tingkat kota.

Pelatihan lomba cerdas cermat, dimana anak-anak dilatih menjawab pertanyaan materi pelajaran dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 melalui google form karena pandemi covid 19.  
Peserta didik dilatih lomba virtual

Peserta diarahkan untuk mendaftar online
Lomba yang dilakukan secara virtual melalui zoom karena di masa pandemi tidak menyurutkan semangat siswa siswi SDN Ratujaya 1 untuk mengikuti lomba Pentas PAI tingkat kota.

SDN Ratujaya 1 meraih juara III kategori lomba Cerdas Cermat
Penyematan piagam sertifikat juara kepada pesera didik

Selain mengikuti lomba cerdas cermat SDN Ratujaya 1 juga mengikuti lomba diantaranya lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an
persiapan dalam lomba Musabaqoh Tilawatil Quran

Persiapan lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an yang di lakukan secara virtual dengan menggunakan zoom
“Semoga keberhasilan yang diraih menjadi penajam kualitas pendidikan agama Islam di sekolah. Terus tingktakan prestasi setinggi langit untuk meraih cita-cita.”

Selain memberikan pembinaan prestasi di bidang ke agamaan SDN Ratujaya 1 juga membina keterampilan bidang seni sebagai wahana unjuk keterampilan, dengan seni akan mengungkapkan beragam rasa, karsa, naluri, pikiran yang semuanya berpusat pada nilai estetis.
Untuk itu SDN Ratujaya 1 membina siswa untuk mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FLS2N) sebagai bagian dalam pengembangan seni setiap peserta didik, seni merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pendekatan pendidikan yang lebih humanistic, karena ilmu seni merupakan ilmu tentang estetika (keindahan). Karya seni yang berupa seni tari, seni menyanyi, seni lukis, dan berbagai karya seni lainnya sangat kaya memuat pesan tentang nilai-nilai keutamaan/kebijakan/kebijaksanaan.

Salah satu lomba yang di ikuti SDN Ratujaya 1 adalah lomba seni menyanyi solo
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon