Thursday, 4 November 2021

Program Literasi Digital di SDN Ratujaya 1 sebagai bentuk inovasi sekolah yang harus dikembangkan

 SDN Ratujaya 1 pada dasarnya memiliki potensi. Baik dari sisi lingkungan maupun potensi-potensi sumber daya manusianya, yakni guru-guru SDN Ratujaya 1.

sosialisasi program sekolah


Pada hari ini, Kamis 4 November 2021, Kepala UPTD SDN Ratujaya 1 mengundang seluruh warga SDN Ratujaya 1 untuk melakukan kegiatan sosialisasi program kerja.


Kegiatan sosialiasi ini mengarah kepada guru-guru SDN Ratujaya 1 dan Orang tua melalui Kordinator Kelas masing-masing rombel. 


Kepala UPTD SDN Ratujaya 1, Titin Supriatin, M.Pd. menjelaskan beberapa program kepada warga sekolah dalam dua rangkaian acara. Pertama, sosialisi program literasi digital yang akan diusung beliau melalui pemberdayaan SDM guru-guru di SDN Ratujaya 1. Kedua, sosialisasi program sekolah dibawah kepemimpinan beliau melalui peran sinergitas antarwarga sekolah.


Rangkaian acara pertama ini diikuti oleh guru-guru SDN Ratujaya 1. Bunda Titin, begitu sapaan guru-guru kepada Kepala UPTD SDN Ratujaya 1 ini, merancang sebuah program yang diberikan dengan nama Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Literasi Digital.


Latar belakang program ini mengarah pada potensi di SDN Ratujaya 1 dimana sekolah ini sudah memiliki lingk web sekolah sendiri secara indepeden. Link tersebut adalah https://sdnratujaya1.net. Keberadaan web ini memang sudah ada sebelum Bunda Titin menjabat sebagai Kepala UPTD SDN Ratujaya 1. Namun, amat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan sebagai sarana guru dalam meningkatan kompetensi profesionalitasnya.


Kemudian dari sisi kewirausahaan, web sekolah ini sejatinya memberikan kontribusi kesejahteraan untuk warga sekolah. Apalagi web sekolah yang telah dimonetisasi oleh Google untuk bekerja sama dalam bentuk kemitraan bersama Google Adsense.


Oleh karena itu, keberadaan web sekolah menjadi sesuatu yang sangat diunggulkan di UPTD SDN Ratujaya 1.  Amat sangat disayangkan apabila kompetensi guru di bidang literasi masih dalam batas-batas minim. Setidaknya, ada jurnal yang bersifat ilmiah yang dapat guru kembangkan secara berkelanjutan. Sekaligus membawa peningkatan kesejahteraan guru-guru.


Masih dalam sesi rangkaian sosialiasi pertama, program yang digadang-gadangkan menjadi nilai plus UPTD SDN Ratujaya 1 diharapkan kemampuan literasinya sama rata. Tidak hanya berpusat pada satu personal guru saja. Mengingat, literasi digital masih berada dibawah bayang-bayang satu guru  di SDN Ratujaya 1. 


Salah satu programnya adalah menargetkan tiap-tiap guru untuk membuat satu artikel bertema pendidikan dengan topik bebas. Nantinya ada apresiasi tersendiri oleh kepala sekolah dan menjadi tolok ukur keberhasilan dari program literasi itu sendiri. 


Ada dua program literasi ini yang disampaikan. Pertama literasi digital dalam bentuk artikel di web sekolah dan literasi dalam bentuk audiovisual, atau video. Sama halnya dengan web sekolah, lliterasi dalam bentuk video ini menjadi suatu bentuk ekspresi guru-guru dalam menyelaraskan kemajuan teknologi. Diharapkan dengan program ini akan berimbas pada peningkatan pelayanan kualitas pendidikan di UPTD SDN Ratujaya 1.





Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon