Wednesday, 16 January 2019

Meriahnya Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di UPTD SDN Ratujaya 1


Pagi tadi, Rabu 16 Januari 2018, telah dilaksanakan kegiatan Acara maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di halaman sekolah. Dengan panggung sederhana dan beralaskan tikar, murid-murid beserta orang tua turut serta menyaksikan seluruh acara. Acara cukup meriah karena seluruh siswa kelas pagi dan siang hadir.


Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN Ratujaya 1
Maulid Nabi Muhammad SAW di UPTD SDN Ratujaya 1
Guru-guru SDN Ratujaya 1 bersama Ustad Dudung Abdussalam
Guru-guru UPTD SDN Ratujaya 1 bersama Ustad Dudung Abdussalam


Acara kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pementasan kreasi murid-murid UPTD SDN Ratujaya 1. Pada sesi pertama ini, perwakilan kelas menampilkan berbagai pementasan. Di antaranya hafalan surat-surat pendek Al Quran, Doa sehari-hari, Kisah Nabi Muhammad, Qosidah, dan hadroh.  Sesi kedua adalah sesi acara inti.

penampilan qosidah SDN Ratujaya 1 pada acara mauid nabi muhammad saw
Penampilan Qosidah UPTD SDN Ratujaya 1

Penampilan Hadroh SDN Ratujaya 1 pada acara maulid nabi muhammad saw
Penampilan Hadroh UPTD SDN Ratujaya 1

Penampilan hafalan surat pendek dan doa sehari-hari SDN Ratujaya 1
Penampilan Hafalan Surat Pendek Al Quran dan Doa-doa Harian


UPTD SDN Ratujaya 1 selalu rutin melaksankan Peringatan Hari Besar Islam dalam beragam bentuk kegiatan. Pada acara kali ini, maulid dilaksanakan dalam bentuk tabligh/ceramah.  Pihak panitia sengaja mengundang Ust. Dudung Abdussalam sebagai pemateri karena cocok dengan tema yang diselenggarakan panitia.

Adapun tema yang diusung pada kegiatan PHBI ini adalah : “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai bekal membangun pribadi yang unggul”. Tema ini sangat cocok dengan visi Kota Depok yakni “Kota Depok yang Unggul, Nyaman, dan Religius.”

Ibu Badriah, S.Pd.I selaku panitia menyampaikan beberapa hal. Ibu Badriah, S.Pd.I menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya acara. Tanpa kerja sama yang baik, acara tidak mungkin sesukses ini.  Terutama koordinator kelas yang merupakan perwakilan dari masing-masing orang tua murid UPTD SD Negeri Ratujaya 1.

Suasana SDN Ratujaya 1 dalam menyaksikan Maulid Nabi Muhammad SAW
Murid-murid UPTD SDN Ratujaya 1 khidmat
dalam mendengarkan tausyiah

Suasana siswa SDN Ratujaya pada acara maulid nabi muhammad SAW
Murid-murid UPTD SDN Ratujaya 1 memenuhi halaman
kegiatan PHBI maulid Nabi Muhammad SAW


Kepala UPTD SD Negeri Ratujaya 1, Bapak Ajun Karyuli, S.Pd.I.,MM. juga turut menyampaikan beberapa hal. Selain rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras demi terlaksananya kegiatan, Bapak Ajun (begitu sapaan beliau) juga menyampaikan harapannya. Dengan maulid ini diharapkan terjalin silaturahmi antara warga sekolah. Juga beliau berharap dengan acara ini sebagai kegiatan penanaman karakter bagi putra-putri UPTD SDN Ratujaya 1.

Tak tertinggal pula Bapak Komite UPTD SDN Ratujaya 1, Bapak Syafrudin, S.E. Beliau menyampaikan bahwa tidak hanya sekolah saja yang menjadi tempat untuk pendidikan. Di rumah pun menjadi tempat utama dalam pendidikan akhlak. Beliau juga berpesan untuk selalu mengawasi putra-putrinya agar bisa menjaga diri dari dampak negatif lingkungan.

Dalam acara tersebut turut juga tamu undangan. Di antaranya Ibu Hj. Yanti, S.Ag.,M.Pd.I selaku pengawas PAIS dari Kemenag Kota Depok. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal. Ibu Hj. Yanti, S.Ag.,MPd.I menegaskan bahwa dalam kurikulum 2013 terdapat pendidikan penanam karakter spiritual dimana karakter tersebut menjadi penilaian hasil belajar. Dengan adanya kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diharapkan akhlak putra-putri UPTD SDN Ratujaya 1 dapat mensuri tauladani akhlakul Karimah nabi.

Dari awal hingga akhir, seluruh siswa tampak tenang dan nyaman duduk di depan panggung. Dengan beralaskan tikar, seluruh siswa menyaksikan serangkaian kegiatan. Tidak hanya siswa, turut juga ibu-ibu orang tua murid yang memenuhi halaman sekolah demi menyaksikan acara peringatan maulid nabi.

Ceramah Ust. Dudung Abdussalam, M.Pd.I.


Saat sesi Mauidhu Hasanah tiba inilah sesi yang ditunggu-tunggu. Sesi Mauidhu Hasanah ini merupakan sesi inti dari seluruh rangkaian acara.  Ustadz Dudung Abdussalam pun dipanggil MC untuk

ust Dudung Abdusalam dengan Kepala Sekolah
Ust. Dudung Abdussalam bersama
 Kepala UPTD SDN Ratujaya 1 (Bapak Ajun Karyuli)


Saat mulai berdiri di depan panggung, Ust. Dudung Abdussalam mampu menarik audien yang kebanyakan usia SD. Anak-anak tampak senang dengan sambutan awal dari sang ustad. Berlanjut ketika ustad melanjutkan pesan-pesannya. Sesekali ustadz juga menunjuk salah satu siswa untuk maju ke depan panggung melakukan tanya jawab. Tidak hanya itu, sesekali juga ustadz memberikan hadiah kepada mereka yang berhasil menjawab perintah sang ustad. Dengan gaya seperti itulah, dari awal sampai akhir, perhatian murid-murid UPTD SDN Ratujaya 1 tertuju padanya.

Selama ceramah, Ustad Dudung Abdussalam menyampaikan banyak hal. Dengan gaya ceramah yang memikat hadirin, materi yang sampaikan dapat dihapal oleh siswa. Terbukti ketika seusia ceramah, Ustad menunjuk beberapa siswa untuk maju kedepan menyampaikan tujuan maulid.

Ustad Dudung Abdussalam saat ceramah di SDN Ratujaya 1
Ustadz Dudung Abdussalam memberikan Mauidhu Hasanah (tausyiah)


Tujuan maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan Ust. Dudung Abdussalam diantaranya adalah untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT dan Rasullullah SAW. Yang kedua adalah dapat meneladani dan mensuritauladani akhlak mulia nabi muhammad SAW. Akhlak mulia Rosullullah SAW tersebut adalah sidiq (jujur/dapat dipercaya), amanah, fathonah, dan tabligh. Sifat-sifat-sifat Rosulullah SAW inilah yang harus ditauladani oleh umatnya.

Ustadz Dudung Abdussalam juga menambahkan bahwa tujuan maulid Nabi Muhammad SAW juga sebagai syiar terhadap dakwa Islam. Beliau menyampaikan bahwa anak-anak zaman sekarang lebih hapal nama-nama bulan dalam kalender masehi daripada nama-nama bulan dalam kalender hijriah.

Ustad membuktikan apakah murid-murid UPTD SDN Ratujaya 1 hapal nama-nama bulan dalam kalender hijriah, ustad mengkreasikan nyanyian ‘sepohon kayu daunnya rimbun’  dengan cara mengganti liriknya dengan nama-nama bulan. Alhasil, seluruh siswa hapal. Bahkan seusai kegiatan, ada anak yang turut menyanyikan nyanyian ustad tersebut.

Terimakasih ya.., Ustadz atas Mauidhu Hasanahnya. Semoga apa yang disampaikan menjadi amal soleh. Pun murid UPTD SDN Ratujaya 1 menjadi generasi emas yang berakhlak mulia serta dapat membanggakan bangsa, negara, dan terutama agama.
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon