Thursday, 19 May 2016

APLIKASI KALENDER KEGIATAN

Di dunia pendidikan, Kalender pendidikan sangat menentukan program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Program pembelajaran disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia pada tahun pelajaran berlangsung. Kalender Pendidikan berisi agenda-agenda yang akan direncanakan di sekolah. Agenda sekolah yang dimaksud adalah agenda khusus yang direncanakan dan disesuaikan dengan regulasi pendidikan yang berlaku. Misalnya kegiatan UTS atau PTS, Ujian Nasional, Hari Besar Keagamaan dan lain-lain.

Pembelajaran di sekolah diprogramkan untuk menguasai kompetensi tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui kurikulum yang berlaku. Kurikulum yang berlaku adalah kurikulum 2013 sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah pusat. Muatan kurikulum sebagai materi pokok yang mesti dikuasai peserta didik diajarkan dalam pembelajaran di kelas. Kesesuaian kebutuhan alokasi waktu sangat menentukan ketercapaian muatan kurikulum yang dilaksanakan di sekolah.

Alokasi waktu yang tersedia dalam kalender pendidikan disebur hari efektif belajar. Dimana alokasi waktu pada HEB pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik tanpa terganggu oleh aktivitas lain selain pembelajaran dalam mencapai kompetensi. Umumnya, guru di sekolah akan menghitung jumlah Hari Efektif Belajar untuk mengalokasikan waktu dalam mencapai kompetensi. Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik disebarkan pada kalender pendidikan dalam bentuk program pembelajaran. Yaitu Program Tahunan dan Program Semester.

Tentang Aplikasi Kalender Kegiatan
Adanya Kalender Pendidikan menjadi inspirasi bagi SDN Ratujaya 1 untuk membuatkan aplikasi berbasis Microsoft Excel dengan menerapkan Visual Basic dengan diberi nama Aplikasi Kalender Kegiatan. Aplikasi ini bukanlah yang diprogramkan untuk mempersingkat tugas-tugas dalam file Excel agar terjadi optimasi kinerja pengolahan data di Microsoft Excel.

Aplikasi Kalender Kegiatan awalnya dibuat untuk menganalisis Hari Efektif dan menempatkan agenda kegiatan yang ada dalam satu tahun pelajaran. Terutama di lingkungan pendidikan. Akan tetapi, di luar lingkungan pendidikan, kalender kegiatan juga sangat dibutuhkan untuk membuat atau menyusun agenda-agenda rutinan. Jadi, akan lebih efektif dalam penyusunannya karena aplikasi dibuat untuk mengoptimasi file excel sesaui dengan keinginan pengguna dari Ms. Excel. Dan itu, diperbolehkan oleh Microsoft.

Mengapa disebut Otomatis?
Aplikasi kegiatan dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah laporan atau data kalender kegiatan. Di mana pengguna hanya menginput tanggal dari kegiatan tertentu, maka aplikasi kalender kegiatan akan menyebarkannya. Kemudian, Kalender kegiatan ini juga menyesuaikan dengan Kalender Hijriyah. Aplikasi akan menempatkan tanggal tertentu yang merupakan agenda keagamaan. Misalnya, Bulan Ramadhan, Hari Raya Islam, Tahun Baru Islam, dan lain-lain. Semua agenda kalender hijriyah akan otomatis tersebar sesuai dengan kalender hijriyah yang berlaku

Fitur-fitur Aplikasi:
- Bisa digunakan Dinas Pendidikan (Kalender Pendidikan) maupun Dinas Nonpendidikan
- Judul bisa Anda ubah Sesuai keinginan.
- Kalender hijriah Insya Allah sudah otomatis (kecuali ada hilal lain)
- Bisa dibuat file PDF
- Bisa mengedit sendiri keterangan tanggalnya
- Bisa diwarnai sesuai keinginan pada tanggal tertentu yang ada keterangan kegiatan Anda
- Titimangsa, Keterangan kepala Sekolah (atasan tinggal tanda tangan), bisa dibuat sendiri

 Tampilan Aplikasi:
Add caption
Judul Kalender, Bulan Pertama di Kalender, Keterangan Tanda tangan disetting di sini

Fitur di atas digunakan untuk mengisi identitas instansi. Biasanya, kalender pendidikan ditandatangani oleh kepala sekolah. Bagi instansi lain, bisa ditandatangani oleh pemimpin instansi.

Keterangan untuk Kalender, Tanggal yang harus Anda Warnai, dan Warna yang Anda inginkan diatur di sini.

Fitur di atas berguna untuk menanda tanggal pada kalender. Tanggal tertentu yang diberi keterangan pada kolom tabel ini akan otomotasi tersebar. Keterangannya pun akan muncul di akhir bulan kalender.


Tampilan hasil Kalender setelah Anda Edit Kalender, Anda bisa juga membuat file pdf-nya atau cetak langsung.
Penting:
Setiap hasil print/cetak, baik dalam printout maupun pdf, akan ada catatan di bawah printout/pdf berupa keterangan aplikasi ini (mungkin ini akan mengganggu Anda). Jika Anda ingin menghapusnya, silakan Anda bisa edit sendiri berdasarkan kemampuan Excel Anda. Jika Anda ingin memiliki aplikasi ini 100% dengan keinginan Anda, Silakan donasikan rezeki Anda untuk fakir miskin atau orang yang tidak mampu di sekitar Anda. Lalu laporkan kepada saya. Saya akan mengirimkan ulang aplikasi sesuai keinginan Anda.


Aplikasi ini dibuat
di : SDN Ratujaya 1 - Kota Depok
Oleh : Ade Andriansyah, S.Pd.SD



Anda dapat menghubungi kami untuk informasi lengkapnya dalam Kontak yang tersedia di laman blog.

Semoga bermanfaat.... 
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon