Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenalan yuk sama Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Sekolah Dasar !!!

 

KSN Ratujaya 1

KSN ialah salah satu ajang kompetisi sains di berbagai jenjang mulai dari SD, SMP dan SMA di seluruh Indonesia yang diadakan serentak yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Sebelum menggunakan nama KSN ini, nama yang di pakai yakni OSN atau Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan ini dilakukan setelah kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi membangun Pusat Prestasi Nasional.

Tujuan mendirikan Pusat Prestasi Nasional sebagai naungan dalam seluru pelaksanaan lomba, kompetisi dan festival di Indonesia. Demi meninggkatkan muti pendidikan serta memberikan aspirasi dan apresiasi untuk pelajara dalam mewujudkan talenta-talenta terbaik di Indonesia.

Selain, sebagai strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan, kompetinsi sains memiliki tujuan dalam ajang bergengsi bertaraf Innternasional dalam penguasaan bidang sains dan teknologi.

Kompetisi yang menggunakan sistem yang sistematis yang disesuaikan dengan jenjang, diharapkan dapat mengeksplorasi dalam bidang sains dan teknologi  dan menemukan potensi tersenyembunyi pada peserta didik di berbagai jenjang.

Juara-juara yang telah dicapai merupakan prestasi maksimal dan memiliki daya saing dan kesiapan dalam mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat Internasional.

Dalam pelaksanaan KSN, terdapat Tahapan  yang terdiri atas:

1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)

2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)

3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)

4.Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Sebagai pelajar dan pengajar KSN merupakan suatu hal yang penting karena memiliki keuntungan yang akan di dapat. Salah satunya berupa prestasi yang nanti dapat digunakan saat naik ke jenjang yang lebih tinggi serta meningkatkan mutu pelayanan sekolah.


Post a Comment for "Kenalan yuk sama Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Sekolah Dasar !!!"