Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Kecemasan

 Gangguan kecemasan

Kecemasan merupakan hal yang wajar dialami dalam kehidupan manusia. Kecemasan adalah perasaan yang bersifat alami seperti ketakutan dan kehilangan rasa percaya diri oelh sebab yang tidak nyata. 

Kholil Lur rochman, berpendapat kecemasan  merupakan reaksi yang wajar dialami. Namun, rasa cemas yang berlebihan dapat mengganggu dalam kehidupan.

Kecemasan merupakan perasaan yang tidak menentu yang tidak menyenangkan yang akan menimbulkan perubahan psikologi pada seseorang. 

Kecemasan dapat diartikan perasaan rasa takut dan khawatir pada situasu tertentu yang menimbulkan kegelisahan karena ketidakpastian dimasa mendatang. 


Gejala-gejala Kecemasan 

Kecemasan adalah keadaan yang menggoncang karena adanya ancaman terhadap kesehatas. Kecemasan yang normal yang dialami manusia ialah kecemasan yang menampak sehingga dapat ditampilkan secara fisik dan mental.

Gejala yang bersifat fisik yakni : jari tangan dingin, detang jantung makin cepat, berkeringatan dingin, kepala pusing, nafsu makan kurang, tidur tidak teratur dan tidak nyaman dalam tidur dan dada terasa sesak. 

gejala yang bersifat mental yakni : ketakutan akan terkena bahaya, tidak dapat focus, tidak tenang dan ingin lari dari kenyataan. 

Gangguan Kecemasan 

a. Fobia Spesifik 

Yaitu ketakutan yang dialami individu dalam suatu kondisi yang tertentu. 

b. Fobia Sosial 

Merupakan ketakutan individu yang disebabkan dengan adanya interaksi terhadap orang lain. Individu yang mengalami fobia social biasanya menghindari dirinya dapat dikritik atau evaluasi dari orang lain. 

c. Gangguan Panik 

Gangguan panil ialah gangguan yang terlihat jelas gejalanya seperti sulit bernafas, jantung berdetak kencang dan perasaan mual. Gangguan panik di sebabkan karena adanya ketakutan individu pada hal yang belum tentu terjadi. 

d. Gangguan Cemas Menyeluruh (Generalized Anxiety Disorder) Generalized Anxiety Disorder (GAD) adalah kekhawatiran yang berlebihan dan bersifat pasif yang sangat mengganggu dalam kehidupan social terutama dalam pekerjaan dan menimbulkan stress yang nyata tak dibuat-buat.



Dampak Kecemasan

Menurut Savitri Ramaiah kecemasan memiliki dua dampak yakni :

a. Kepanikan yang berlebih dan sulit beradaptasi dengan situasi yang terjadi. 

b. Kurangnya mengatisipasi dalam mengambil tindakkan untuk mencegah hal-hal yng mungkin tidak diinginkan. 

Berdasarkan hal yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan kecemasan merupakan rasa takut yang dialami dalam situasi yang tidak pasti di masa mendatang.

Kecemasan yang terjadi memiliki beberapa gejala yang menimbulkan kegelisahan, ketakutan tentang masa depan dan sulit berkonsentrasi sehingga sulit dalam mengatasi masalah. 

Macam-macam Kecemasan 

a. Kecemasan realistis 

kecemasan ini merupakan kecemasan yang terjadi sesuai dengan tingkat penyebab ketakutan individu akan sesuatu. 

b. Kecemasan moral 

kecemasan ini tergantung dari hati Nurani individu. Ini akan dirasakan bila individu mengalami ketakutan akan ancaman yang berasal dari luar dirinya. Hal ini dapat terjadi karena individu tidak ingin mengalami rasa malu, rasa bersalah dan takut mendapatkan sanksi dari orang lain. 

c. Kecemasan neurotik adalah

ketakutan ini biasanya terjadi karena individu tidak dapat mengatisipasi tekanan dari orang yang berada di atasnya atau ketakutan mendapatkan kritikan dari suatu yang dikerjakan dari orang lain. 


Post a Comment for "Gangguan Kecemasan"