Friday, 10 April 2020

Lamaso Kelas 6 IPA tentang Tata Surya

Update Versi
Lamaso versi 2020g

LATIHAN MANDIRI SISWA ONLINE
(#DiRumahAja)

Kelas 6 Tema 9 IPA SISTEM TATA SURYA
Buka Halaman Petunjuk

Petunjuk

Bagi Guru

  1. Gunakan Lamaso ini untuk kegiatan pembelajaran
  2. Lamaso ini diadaptasikan dari Buku Siswa, Buku Guru, dan sumber lain yang relevan.
  3. Hasil nilai akan kami otomatis berubah seiring pengerjaan siswa. Data dapat dilihat pada data Excel di bawah ini.
  4. Kunci jawaban pada pemuatan soal ini mungkin saja tidak sesuai dengan harapan Bapak/Ibu guru (terjadi human error), maka dari itu kami sarankan untuk memeriksa jawaban di Excel pada database Lamaso
  5. Bagi guru yang ingin dibuatkan Lamaso, hendaknya kirim proposal pemuatannya ringkasan materi, soal, kunci jawaban dan/atau pembahasannya dalam bentuk Ms. Word. Kirimkan ke kontak yang ada di web sekolah kami Form Contact www.sdnratujaya1.net atau via Whatsapp kami.

Daftar Nilai Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1

Akan muncul di halaman Hasil Nilai

Kompetensi dasar

Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
Mata PelajaranKompetensi DasarTujuan Pembelajaran
IPA 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
  1. Setelah membaca teks, siswa dapat mengenal sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
  2. Siswa dapat menjelaskan sistem tata surya melalui kegiatan bermain peran dengan percaya diri.
  3. Dengan bermain peran siswa dapat membuat sebuah laporan pengamatan tentang cara kerja planet dalam sistem tata surya dengan lebih percaya diri.
  4. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan cara kerja anggota sistem tata surya dengan keingintahuan yang besar.
Penilaian Tagihan (Berdasarkan Tagihan Hasil Nilai pada Lamaso)
Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
BentukMapelKDKeterangan
Tugas Ke-1IPA3.7Sistem Tata Surya
Tugas Ke-2IPA3.7Karakteristik Planet
PILIHAN GANDAIPA3.7No. 1 - 20
ISIANIPA3.7No. 1 - 10
Tutup Halaman Petunjuk
Daftar Isi

    Pembelajaran 1: Benda-benda Langit

    Benda Langit di Sekitar Kita

    Lamaso IPA
    Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbedabeda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi.0 Galaksi terdiri atas banyak sekali planet-planet yang mengelilinginya.

    Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

    Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem tata surya kita. Tata Surya kita terdiri atas delapan planet yang mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita lihat lebih dekat sistem tata surya kita.

    Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit0. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

    Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut rotasi. Rotasi bumi menyebabkan kita dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.

    Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang kamu rasakan di Bumi dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

    Tugas 1


    Petunjuk tugas:
    Buatlah ringkasan materi yang memuat:
    1. Apa yang dimaksud dengan galaksi?
    2. Apa itu orbit planet?
    3. Apa itu Rotasi Planet?
    4. Apa itu Revolusi Planet
    Catat di buku tugasmu, lalu poto dan unggahlah hasil kerjaanmu di sini:
    Tugas 1

    Pembelajaran 2: Ciri-ciri Planet

    Tata Surya


    Lamaso IPA
    Matahari
    Manusia mempelajari sistem tata surya melalui penelitian. Mereka melakukannya selama bertahuntahun untuk menjawab misteri tentang ruang angkasa. Ada apa di sistem tata surya kita? Sistem tata surya menjadikan Matahari sebagai pusatnya. Matahari adalah sebuah bintang raksasa yang sangat panas seperti bola pijar. Di sekeliling bola berpijar, ada lingkar cahaya berisi gas panas yang disebut corona. Suhu di permukaannya hampir 6000 derajat Celsius. Suhu inti Matahari mencapai 15.000.000 derajat Celsius. Percikan panasnya dapat membakar segala sesuatu hingga 97 kilometer. Namun, Matahari hanya tergolong bintang sedang. Masih banyak bintang besar yang jauh lebih besar dan lebih panas dari matahari.

    Lamaso IPA
    Planet Markerius
    Planet apa yang terdekat dengan Matahari? Planet ini bernama Merkurius. Planet Markurius berjarak limapuluh delapan juta kilometer dari Matahari. Merkurius sulit terlihat di langit pada malam hari jika dilihat dari Bumi. Markurius baru terlihat setelah Matahari terbenam, atau sebelum Matahari terbit. Keunikan dari Merkurius adalah melesat cepat mengelilingi Matahari, tetapi berotasi sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.
    Merkurius merupakan planet terdekat Matahari yang berupa bola batu berkawah dengan diameter 4.875 km. Suhu permukaan Merkurius yang menghadap Matahari bisa mencapai 425o C. Sementara suhu bagian yang tidak mendapat sinar Matahari sangat rendah, yaitu -180oC. Merkurius mempunyai periode revolusi 87,97 hari dan periode rotasi 59 hari.

    Lamaso IPA
    Planet Venus
    Planet berikutnya adalah planet Venus. Planet Venus merupakan planet terdekat dari Bumi. Venus lebih panas dibanding Merkurius yang lebih dekat dengan Matahari. Hal ini terjadi karena Plabet Venus memiliki lapisan atmosfer tebal yang dilapisi awan. Oleh karena itu, pancaran sinar Matahari terperangkap di dalamnya. Awan yang mengelilingi Venus menjadi salah satu keunikan planet ini. Awan tersebut terlihat indah karena memantulkan cahaya Matahari. Selain itu, Venus menjadi planet paling terang di antara planet-planet dalam sistem tata surya. Venus melakukan rotasi dengan arah yang berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lainnya. Venus berotasi searah dengan jarum jam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

    Venus merupakan planet terpanas dalam tata surya. Ini dikarenakan permukaan Venus tertutup awan (atmosfer) yang tebal. Atmosfer ini memerangkap panas Matahari yang diterima Venus. Venus lebih besar daripada Merkurius dengan diameter 12.119 km. Suhu permukaan Venus mencapai 470 oC. Venus mempunyai periode revolusi 224,7 hari dan periode rotasi 243 hari. Venus bisa terlihat di ufuk timur sebelum Matahari terbit. Venus juga terlihat di ufuk barat sebelum Matahari tenggelam. Venus sering disebut bintang kejora.

    Lamaso IPA
    Bumi
    Planet ketiga adalah Bumi yang disebut sebagai Planet Biru. Sebagian besar Bumi ditutupi oleh lautan, sehingga nampak biru. Bumi diselimuti oleh udara tebal yang disebut atmosfer. Fungsi dari atmosfer untuk menyaring panas dari Matahari sehingga tidak terbakar.

    Bumi merupakan satu-satunya planet yang ditempati makhluk hidup. Ini karena Bumi memiliki atmosfer yang mengandung banyak oksigen dan tersedia cukup air. Suhu permukaan Bumi rata-rata 22 oC sehingga memungkinkan adanya makhluk hidup.Bumi berjarak 150 juta kilometer dari Matahari. Untuk sekali revolusi, bumi membutuhkan waktu setahun ( \[365 \space \frac{1}{4}\] hari). Sementara itu, ia melakukan satu kali rotasi selama satu bulan (30 hari). Bumi berbentuk bulat yang agak pepat di bagian kutubnya. Diameternya di bagian kutub sebesar 12.714 km, sedangkan daerah khatulistiwa 12.757 km.

    Lamaso IPA
    Planet Mars
    Planet setelah Bumi adalah Mars. Mars dijuluki sebagai Planet Merah. Planet ini disebut-sebut paling menyerupai Bumi. Satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di Bumi. Ia juga memiliki kutub yang diselimuti es. Suhu udara di Mars lebih dingin daripada suhu di Bumi, yaitu sekitar 63 derajat Celsius di bawah nol, karena letak Mars yang lebih jauh dari Matahari dibanding Bumi. Mars juga memiliki lapisan atmosfer, namun lebih tipis dibanding Bumi.

    Mars adalah planet yang sangat kering dan tertutup debu merah. Oleh karena itu, Mars disebut juga planet merah. Mars berjarak 288 juta kilometer dari Matahari. Diameter Mars sekitar 6.760 km. Planet ini membutuhkan waktu 678 hari untuk sekali revolusi dan sebulan (30 hari) untuk sekali rotasi. Mars mempunyai nama lain Marikh atau Anggar.

    Lamaso IPA
    Planet Jupiter
    Planet kelima adalah planet Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar di dalam tata surya. Diameternya mencapai 142.796 km. Karena ukurannya yang sangat besar, planet ini disebut sebagai planet raksasa. Yupiter mempunyai periode revolusi 11,9 tahun dan periode rotasi 9 jam 55 menit. Permukaannya tertutup oleh awan berwarna-warni. Nama lain dari Yupiter adalah Masturi atau Respati. Suhu di planet ini pun sangat rendah, mencapai kurang lebih minus 100 derajat Celsius. Planet Jupiter merupakan planet yang sebagian besar terdiri atas gas. Letak inti planetnya pun jauh di tengah. Planet ini memiliki bintik merah yang ternyata merupakan badai raksasa.



    Lamaso IPA
    Planet Saturnus
    Planet keenam dalam sistem tata surya adalah planet Saturnus. Saturnus terlihat memiliki cincin yang melingkari tubuhnya. Cincin tersebut terdiri atas lingkaran bebatuan, debu, dan es yang terperangkap dalam orbit mengelilingi planet tersebut. Saturnus merupakan gas raksasa yang berputar sangat cepat. Hal ini menyebabkan bagian ekuatornya menggembung. Oleh sebab itu, kutubnya tampak lebih datar dibanding planet lainnya. Saturnus memiliki beberapa satelit yang lebih banyak dibanding Bumi yang hanya memiliki satu. Salah satu satelit yang paling terkenal yang mengelilingi Saturnus adalah Titan.

    Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Yupiter. Saturnus berupa bola gas yang berwarna seperti gula merah pucat. Diameternya lebih dari 120.000 km. Saturnus mempunyai lingkaran bercahaya yang mengelilinginya. Lingkaran cahaya itu dinamakan cincin Saturnus. Suhu maksimal di permukaan Saturnus adalah -85 oC. Planet ini memiliki periode revolusi sekitar 29,5 tahun dan periode rotasi 10,2 jam.

    Lamaso IPA
    Planet Uranus
    Planet Uranus merupakan planet ketujuh dalam sistem tata surya. Planet Uranus berputar miring karena porosnya yang hampir sejajar dengan orbitnya. Suhu planet ini sangat dingin, yaitu sekitar minus 212 derajat Celsius.

    Jarak Uranus sangat jauh dari Matahari. Suhu permukaannya sangat dingin, yaitu -183 oC. Diameter Uranus mencapai 50.800 km. Uranus memiliki periode rotasi 10 jam 49 menit dan periode revolusi 84,02 tahun. Atmosfer Uranus terdiri atas metana yang berwarna biru. Akibat gas alam ini, Uranus berwarna biru menakjubkan.

    Neptunus merupakan planet terluar dalam sistem tata surya. Jaraknya yang sangat jauh dari Matahari menyebabkan Neptunus sangat dingin. Suhu permukaannya mencapai -205 oC. Diameter Neptunus sekitar 44.600 km. Neptunus mempunyai periode revolusi 165 tahun.

    Lamaso IPA
    Planet Neptunus
    Planet yang berada di urutan paling jauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Planet ini tampak berwarna biru gelap dari kejauhan dan tidak memiliki permukaan yang nyata. Sama halnya dengan Jupiter, Saturnus, dan Uranus, planet ini juga terdiri atas gumpalan gas. Atmosfernya dipenuhi dengan gas metana, dan sering terjadi badai yang sangat besar. Salah satu satelit yang mengelilingi Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit-satelit dan planet-planet lainnya.

    Sementara itu, periode rotasinya sekitar 16 jam. Planet ini memiliki awan biru terang yang membuat keseluruhan planet terlihat biru. Di atas awan biru terdapat awan es yang bergerak mengelilingi planet.

    Nah, sekarang coba kita bermain game ya ...,
    1. Planet apakah yang paling dekat dengan Matahari?


    2. Planet apakah yang berada paling jauh dari Matahari?


    3. Planet apakah yang memiliki ukuran paling kecil dalam sistem tata surya?


    4. Planet apakah yang memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?


    5. Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling cepat?


    6. Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling lama?


    Tugas 2

    Petunjuk tugas 2: Lengkapilah tabel berikut berdasarkan materi di atas kemudian potolah hasil pekerjaanmu ke teman-teman atau guru-gurumu!

    Tabel 1
    Lamaso IPA
    Tabel 2
    Lamaso IPA
    Table 3
    Lamaso IPA
    Tabel 4
    Lamaso IPA
    Tabel 5
    Lamaso IPA
    Unggah tugasmu di sini!
    Tugas 2

    Pembelajaan 3: Klasifikasi Planet

    Matahari merupakan salah satu bintang yang ada di dalam galaksi. Matahari terdiri atas gumpalan gas raksasa dan memiliki banyak sekali lidah api. Lidah api matahari yang merupakan ledakan-ledakan yang dapat mencapai jutaan kilometer tingginya. Suhu permukaan Matahari mencapai 5.800°C.



    Matahari adalah satu-satunya bintang di dalam tata surya kita yang menghasilkan panas dan cahaya. Panas dan cahaya Matahari inilah yang memberikan kehidupan di bumi. Perubahan panas Matahari dapat menyebabkan kehidupan makhluk hidup di bumi juga terpengaruh. Jika panas Matahari berkurang, maka seluruh bagian di dunia akan membeku. Tetapi jika panas Matahari bertambah, es di Kutub Utara akan mencair dan air laut serta sungai akan naik.

    Matahari berukuran sangat besar. Jarak antara pusat Matahari hingga ke permukaannya sama dengan dua kali jarak Bumi dengan Bulan yang berjarak 384.000 km. Inti Matahari sangat panas, yaitu 15 juta derajat Celsius.

    Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda, oleh Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar. Perhatikanlah gambar berikut!

    Planet dalam adalah planet-planet yang terdekat dengan Matahari dan termasuk empat planet yang pertama (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars). Planet luar adalah planet yang lebih jauh dari Matahari dan mencakup empat planet berikutnya seiring dengan peningkatan jarak dari Matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kedua golongan planet tersebut dibatasi oleh sabuk asteroid. Sabuk asteroid yang merupakan bongkahan-bongkahan batu yang tersusun oleh materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu.

    Planet-planet dalam terdiri atas batuan dan logam. Planet-planet ini bergerak perlahan karena mereka dianggap berat. Diameter rata-rata planet-planet ini kurang lebih 13.000 km, oleh karenanya mereka dianggap sebagai planet kecil. Planet luar tersusun atas gas. Gas-gas penyusunnya antara lain adalah Hidrogen dan Helium. Planet-planet ini seperti balon besar yang mengambang di ruang angkasa. Planet-planet ini dianggap sebagai planet gas raksasa. Planet-planet ini memiliki diameter rata-rata kurang lebih 48.000 km.

    Penggolongan Planet

    Berdasarkan orbit asteroid, planet-planet dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu:
    1. Planet dalam yaitu planet-planet yang terletak di dalam sabuk asteroid. Planet dalam adalah: Markerius, Venus, Bumi, dan Mars. Ciri-ciri planet dalam adalah planetnya dekat dengan bumi dan planet kecil.
    2. Planet luar yaitu planet yang terletak di luar sabuk asteroid. Planet ini adalah: Jupiter, Saturnur, Uranus, dan Neptunus
    Berdasarkan letaknya terhadap planet bumi, planet-planet dibedakan menjadi:
    1. Planet inferior yaitu planet-planet yang terletak berada di dalam orbit bumi dan matahari. Planet inferior adalah Markerius dan Venus.
    2. Planet Superior adalah planet-planet yang terletak berada di luar orbit bumi dan matahari. Planet superior adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus,dan Neptunus.
    Berdasarkan ukuran dan bahan penyusunannya, planet dapat dibedakan menjadi:
    1. Planet Terestrial (planet kebumian) adalah planet-planet yang ukuran dan penyusunannya (bebatuannya) mirip yang ada di bumi. Yang termasuk planet terestrial adalah Markerius, venus, bumi, dan Mars.
    2. Planet Jovian atau Planet raksasa yaitu planet-planet yang ukuran besar dari bumi dan komposisi penyusunnya berupa gas. Planet Jovian adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

    Setelah belajar dengan materi di atas, Kini saatnya Kalian berlatih menjawab soal latihan. Lengkapi formulir isian berikut dengan benar, lalu kerjakan setiap soal latihan. Hasil Nilaimu akan muncul pada laman "Lihat Daftar Nilai di Database Lamaso pada halaman Nilai"
    Buka Halaman Petunjuk
    Tutup Halaman Petunjuk

    Bagi Siswa:

    1. Pelajarilah baik-baik konten pembelajaran online ini.
    2. Lengkapi form data siswa terlebih dahulu dengan benar, hingga muncul tombol MULAI dengan cara:
      1. Isi form email dengan akun google. Contoh namamu@gmail.com. Jika pengisian benar, maka input pilihan selanjutnya akan aktif.
      2. Bagi siswa SDN Ratujaya 1, Pilih SDN Ratujaya 1. Maka akan otomatis data kecamatan dan nama sekolah akan terisi.
        Kalian tinggal isi Nama Siswa dan kelas Kalian. Lengkapi data Nama dan Kelas Kalian maka akan muncul tombol Mulai.
        Atur durasi waktunya lalu klik tombol Mulai untuk mengejakan soal latihan.
      3. Bagi siswa bukan SDN Ratujaya 1, pilih Sekolah Lain. Pilihan Dalam/Luar Kota Depok akan muncul.
        Jika sekolahmu berada di Kota Depok, maka:
        1. Pilih Kota Depok, maka akan muncul pilihan Kecamatan,
        2. pilih Kecamatan sekolahmu berada, maka akan muncul pilihan sekolah. Cari dan pilih nama sekolahmu.
        3. Input Nama dan Kelas Akan muncul, isilah dengan lengkap
        4. Setelah data terisi semua, maka akan muncul tombol Mulai.
        5. Atur durasi waktu pengerjaan soal
        6. Klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihan.
        Jika Sekolahmu bukan dari Kota Depok, maka:
        1. Pilih Luar Kota Depok, maka semua isian Kecamatan, Nama Siswa, dan Kelas akan aktif
        2. Lengkapi semua data hingga muncul tombol Mulai
        3. Atur durasi pengerjaan soal, lalu klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihanmu
    3. Pembelajaran ini memuat satu pembelajaran yang disiarkan melalui TVRI, sangat disarankan murid-murid montonton siarannya pada pukul 09.00 - 09.30, hari selasa, 14 April 2020.
    4. Di Lamaso ini, akan ada tambahan materi. Baik berupa ringkasan materi, kuis, konten isi video, dan sumber materi lainnya.
    5. Di Lamaso ini, akan ada Tugas Wajib dan Tugas Pilihan. Tugas wajib adalah tugas yang harus dikejakan. Sementara tugas pilihan adalah tugas yang boleh dikejakan atau tidak. Minta petunjuk gurumu mengenai tugas pilihan di Lamaso ini.
    6. Sebelum mengerjakan/menginput jawabanmu, kerjakan terlebih dahulu di buku tugasmu.
    7. Jika seluruh tugas dan jawabanmu siap dan benar-benar yakin selesai, kerjakan di Lamaso ini untuk mengirimkan nilainya ke gurumu
    8. Pastikan semua tugas dan jawaban telah diinput semua sebelum dikirimkan ke gurumu
    9. Hasil nilai pengerjaanmu harus disimpan dalam bentuk pdf, kemudian kirimkan hasil pdf nilaimu ke gurumu
    10. Setelah puas dengna nilai hasil pengerjaanmu, kirimkan nilainya ke Database Lamaso untuk diinput ke daftar nilai (Klik tombol "kirim Nilaiku" pada halaman Hasil Akhir.
    11. Bagi yang tidak bisa menggunakan lamaso versi ini (pun bila ada perbaruan konten) silakan kunjungi web sekolah kami www.sdnratujaya1.net
    12. Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tetap #DiRumahAja

    Lengkapi Data dengan benar hingga muncul tombol Mulai

    Gmail : 
    Pilih Kota dan Kecamatan :
    Sekolah :
    Nama :
    Kelas :
    Alokasi Waktu : menit
    Pastikan semua terisi hingga muncul tombol Mulai di sini:
    LAtihan MAndiri Siswa Online
    LAMASO

    Setelah menge-klik tombol "Mulai mengerjakan" pada isian durasi waktu, tombol soal akan muncul di bawah.
    Durasi Penyelesaian 00: 00: 00
    PILIHAN GANDA
    Jawablah pertanyaan berikut ini dengan memilih opsi jawaban yang benar!
    1
    (Soal Tryout IPA 2016/2017)
    Perhatikan gambar berikut!
    Lamaso IPA
    Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut adalah ....
    2.
    Planet dalam sistem tata surya yang memiliki dua satelit dan berwarna merah bila dilihat pada malam hari adalah . . .
    3.
    Pasangan nama dan ciri planet yang tepat dalam tabel berikut adalah . . .
    Nama PlanetCiri-ciri
    AArah rotasi dari timur ke barat
    BMemantulkan cahaya paling terang
    CMemiliki kala rotasi yang paling cepat
    D Memiliki banyak kawah
    4.
    Ciri planet venus adalah . . .
    5.
    Sebuah planet raksasa yang mempunyai cincin yang tampak jelas mengelilinginya dan termasuk planet luar dalam tata surya. Planet yang dimaksud adalah . . .
    6.
    (Soal US/M 2014 Kode P3)
    Berikut ini adalah ciri-ciri sebuah planet:
    • Planet dengan suhu tinggi paling panas
    • Dikenal dengan nama bintang kejora
    • Tidak memiliki satelit alami
    Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh planet . . .
    7.
    Planet yang memiliki ukuran terkecil dalam tata surya adalah planet . . . .
    8.
    Planet dalam tata surya yang garis orbitnya di antara planet bumi dan jupiter adalah . . . .
    9.
    Yang temasuk planet inferior adalah . . . .
    10
    Perhatikan gambar berikut!

    Lamaso IPA
    Planet yang terletak di dalam sabuk asteroid ditunjukan oleh nomor . . .
    11
    Kumpulan dari gugusan-gugusan bintang disebut ....
    12
    bentuk orbit planet ketika mengelilingi matahari adalah ....
    13
    Agar dapat melihat benda langit dengan jelas, maka diperlukan alat yagn disebut ...
    14
    Waktu yang tepat untuk dapat melihat Markerius adalah saat ....
    15
    Berdasarkan pengelompokkannya, planet yang terdiri dari gas adalah planet ...
    16
    Perhatikan gambar planet berikut!
    Lamaso IPA
    Pernyataan berikut yang tepat mengenai ciri-ciri planet tersebut adalah ....
    17
    Seorang astronot sedang meniliti di suatu planet. Selama di sana, ia merasakan lama waktu terbit dan terbenamnya matahari kurang lebih 10 jam. Planet tempat astronot tersebut meneliti adalah planet . . .
    18
    Planet yang memiliki berat teringan adalah . . .
    19
    Perhatikan gambar di bawah ini!
    Lamaso IPA
    Planet tersebut dapat dilihat secara jelas bentuknya dengan bantuan teleskop. Nama planet tersebut adalah . . .
    20
    Rotasi bumi dapat mengakibatkan . . .
    ISIAN
    Lengkapi jawabanmu di teks area.
    1
    Apa yang dimaksud dengan galaksi?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    2
    Apa itu Orbit Planet?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    3
    Apa itu Rotasi Planet?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    4
    Apa itu Revolusi Planet?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    5
    Apa nama galaksi tempat bumi berada?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    6
    Apa nama planet yang memiliki julukan bintang kejora?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    7
    Apa nama planet yang memiliki julukan planet merah?



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    8
    Sebutkan planet-planet yang termasuk dalam kategori planet dalam!



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    9
    Sebutkan planet-planet yang termasuk dalam kategori planet terestial!



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    10
    Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling cepat? Berikan Alasanmua!



    jawabanku: Belum diisi atau disimpan
    Jika sudah selesai dan yakin pada jawabanmu, Klik tombol Selesai pada durasi waktu untuk melihat Hasil Nilaimu.
    LAMASO KURIKULUM 2013

    Hasil Nilai


    Nama Siswa :
    Mata Ujian :
    Nilai : 00 untuk Pilihan Ganda

    Untuk Isian (Validasi Gurumu)

    Diselesaikan pada : Waktu Selesai Mengerjakan
    Daftar Jawaban:
    Jumlah Tugas:
    Tagihan/No.MapelKDKeterangan
    Tugas Ke-1IPA3.7Sistem Tata Surya
    Tugas Ke-2IPA3.7Karakteristik Planet

    PILIHAN GANDA:

    Jumlah soal PG :

    Jumlah Soal sudah dijawab :

    Jumlah Soal belum dijawab :


    Tagihan/No.MapelKDKeterangan
    No. 1-20IPA3.7PILIHAN GANDA

    Pilihan Ganda dijawab:


    ISIAN:
    Tagihan/No.MapelKDKeterangan
    ISIAN No. 1IPA3.7Apa yang dimaksud dengan galaksi?
    ISIAN No. 2IPA3.7 Apa itu Orbit Planet?
    ISIAN No. 3IPA3.7 Apa itu Rotasi Planet?
    ISIAN No. 4IPA3.7 Apa itu Revolusi Planet?
    ISIAN No. 5IPA3.7Apa nama galaksi tempat bumi berada?
    ISIAN No. 6IPA3.7Apa nama planet yang memiliki julukan bintang kejora?
    ISIAN No. 7IPA3.7Apa nama planet yang memiliki julukan planet merah?
    ISIAN No. 8IPA3.7 Sebutkan planet-planet yang termasuk dalam kategori planet dalam!
    ISIAN No. 9IPA3.7 Sebutkan planet-planet yang termasuk dalam kategori planet terestial!
    ISIAN No. 10IPA3.2 Planet manakah yang mengalami revolusi terhadap Matahari yang paling cepat? Berikan Alasanmua!

    Daftar Jawaban Isian Siswa:

    Simpan hasil nilai ini dalam bentuk pdf, lalu kirimkan ke WA Gurumu.


    Kirim Nilai ke Database Lamaso

    Selamat ya, Kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus. Ayo segera kirimkan nilai Kamu ke Lamaso. Daftarkan nilaimu untuk dikompetisikan bersama siswa-siswa lain.

    Kirim nilaimu di sini:

    Hasil nilaimu akan langsung otomatis terkirim ke database Lamaso. Pengumuman hasil seluruh nilai peserta kompitisi ini dapat Kamu tanyakan ke guru kelasmu. Kami sudah memberitahukan kepada pengawas binaan masing-masing (Khusus Kota Depok). Pengumuman umumnya, Kami akan posting di blog atau diposting di web www.sdnratujaya1.net

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    Lihat Daftar Nilai di Database Lamaso

    Tentang Lamaso

    Lihat Halaman Utama:

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    LAMASO KURIKULUM 2013

    Tentang LAMASO


    Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokaatuh ...

    LAMASO adalah singkatan dari LAtihan MAndiri Siswa Online. Lamaso sendiri dapat diartikan sebagai suatu aplikasi yang digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa dengan perantara jaringan untuk mengaksesnya. LAMASO dapat dijalankan di perangkat-perangkat elektronik semisal Komputer, Laptop, Smartphone, hingga Handphone.

    LAMASO berekstensi *html sehingga file berekstensi jenis ini dapat dijalankan oleh aplikasi peramban (browser) yang ada di hampir semua jenis perangkat elektronik. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tinggal buka file-nya lalu dijalankan dengan peramban yang ada di perangkat elektronik yang kita miliki.

    Sesuai dengan namanya, LAMASO adalah media sebagai latihan mandiri. Sejenis LKS (Lembar Kerja Siswa) versi cetak, LAMASO adalah versi daring (dalam jaringan)/online dari LKS. Keunggulan LAMASO dibanding LKS tidak hanya menitikberatkan pada kepraktisan dan kemudahannya saja, melainkan pada satu kondisi dimana anak didik lebih kita arahkan untuk menggunakan fasilitas internet dengan benar. Nantinya, akan ada salah satu fitur di file LAMASO yang berisikan link-link informasi dalam menunjang materi latihan. Al hasil, LAMASO akan mengarahkan anak didik untuk mengakses informasi-informasi yang bermanfaat saja di internet.

    LAMASO yang Anda gunakan saat ini adalah LAMASO versi 2020e. Artinya LAMASO akan terus mengalami pembaharuan sesuai dengan kebutuhan. Fitur-fitur pada Lamaso ini di antaranya unggah poto (dengan gambar atau kamera HP), Game, memuat tulisan Arab, video, pembahasan dan lain-lain yang ada pada LAMASO yang Anda gunakan.

    Tentang Pembuat


    Lamaso IPA
    Nama : Ade Andriansyah, S.Pd.SD

    NIP : 19870710 201903 1 002

    Tempat tugas : SDN Ratujaya 1-Kota Depok

    Situs : www.sdnratujaya1.net

    Info penerapan Lamaso:Mengenal Lamaso, Media Pembelajaran online yang diterapkan di SDN Ratujaya 1
    Wassalamualaikum.

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    Tentang Lamaso

    Share ya...

    Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
    EmoticonEmoticon