Tuesday, 28 April 2020

BDR Kelas 4-6 Rabu, 29 April 2020: X-Sains Sumber-sumber Energi dan Energi Alternatif

Pendahuluan

Buka Halaman Petunjuk
Assalamualaikum, Sahabat Lamaso...

Kembali lagi bersama Lamaso, Latihan Mandiri Siswa Online, dalam rangka mendukung proses Belajar di Rumah (BDR) Kemendikbud dan TVRI.

Kali ini, kami mempersembahkan media pembelajaran dengan berbasis vesi dengan versi 2020g. tentang versi-vesi Lamaso dapat Anda kunjungi www.sdnratujaya1.net

Sahabat Lamaso, Belajar Di rumah kali ini kita akan mempelajari sains tentang Sumber dan Energi Alternatif. Kalian akan diarahkan untuk menonton tayangan di TVRI pada hari Rabu, 29 April 2020.

Nah, materi ini untuk Siswa-siswa SD Kelas 4 - 6. Kompetensi yang diharapkan sesuai dengan kurikulum disajikan dalam tabel berikut:

Kompetensi dasar

Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
Mata PelajaranKelasKompetensi Dasar
IPA4 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
5 3.7 Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
63.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

Berdasarkan ararhan dari Kemendikbud melalui program BDR, pembelajaran ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum. Namun menekankan pada Kompetensi Literasi dan Kompetensi Numerasi. Adapun kompetensi yang dimaksud adalah:
Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
HariIndikatorJenis Kompetensi
Kompetensi NumerasiKompetensi Literasi
Senin, 27 April 2020Menganalisis bentuk bangun datar dan bangun ruang, dan mendeskripsikan hubungannya berdasarkan ciri-cirinya untuk pemecahan masalah -
Selasa, 28 April 2020
  1. Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya;
  2. menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur
-
Rabu, 29 April 2020 Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya -
Kamis, 30 April 2020 Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur -
Jumat, 30 April 2020 Libur

Nah, bersama Tim Lamaso. Kami mencoba menambah pemahaman yang telah Kalian tonton di TVRI. Sekaligus mengin formasikan konten materi dan pelajarannya. Sehingga, kegiatan BDR seperti kegiatan belajar di sekolah sesungguhnya.

Melalui web sekolah dan Lamaso Whatsapp, LAMASO (Latihan Mandiri Siswa Online) memberikan praktik baik dalam program pembelajaran di rumah melalaui siaran TVRI kepada murid-murid, guru, dan orang tua melalui platfrom berbasis daring ini.

Platform ini digunakan untuk Tingkat SD Kelas 4 - 6 dengan konten Materi: IPA: X Sains Kelas 4 - 6 sesuai dengan Program Minggu ke-3 Kemendikbud.

Melalui platform Lamaso, kita akan menambahkan materi tambahan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran mengenai IPA. Kami menambahkan ringkasan materi, contoh soal dan pembahasan, soal latihan berbasis Ulangan Harian, US, USBN, dan sejenisnya. Kemudian, dengan memanfaatkan fitur Lamaso, Latihan soal kami sajikan sebagai tagihan penilaian pembelajaran.

Bagi Anda selaku guru atau orang tua siswa dapat melihat hasil pekerjaan anak-anak kita melihat di web kami di alamat Belajar di Rumah bersama TVRI dan LAMASO materi X-Sains Minggu Ke-3, Rabu 29 April 2020. Bapak dan Ibu dapat melihat hasil latihan siswa di link tersebut. Bagi Anda selaku guru, Anda dapat mendownload file Excel tersebut untuk dapat memfilter nama-nama murid Anda. Semoga hasil belajar ini dapat membantu proses kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Petunjuk Penggunaan Lamaso

Bagi Guru

  1. Gunakan Lamaso ini untuk kegiatan pembelajaran
  2. Lamaso ini diadaptasikan dari Dialy Program Mingguan Belajar di Rumah Bersama Melalui TVRI di laman kemendikbud.go.id
  3. Lamaso ini memuat Tugas Wajib dan Tugas Pilihan. Guru dapat menentukan Tugas Pilihan untuk dijadikan penilaian atau tidak. Komunikasikan dengan murid Anda untuk tugas pilihan ini.
  4. Hasil nilai akan kami otomatis berubah seiring pengerjaan siswa. Data dapat dilihat pada data Excel di yang ada di situs sekolah kami
  5. Hasil pengerjaan siswa berupa foto akan masuk ke Drive Lamaso. Link dapat diunduh di data Excel pada kolom resume
  6. Bagi guru yang akan mendownload soal-soal Ulangan (soal yang dijadikan Soal Ulangan) ada di laman versi web. Tidak ada di versi Lamaso WhatsApp
  7. Kunci jawaban pada pemuatan soal ini mungkin saja tidak sesuai dengan harapan Bapak/Ibu guru (terjadi human error), maka dari itu kami sarankan untuk memeriksa jawaban di Excel pada database Lamaso
  8. Kami pun menyediakan tutorial memfilter data Excel yang guna mensortir data-data siswa sekolah yang guru ampu. Selebihnya tutorial tersebut akan diposting di laman web sekolah kami di www.sdnratujaya1.net
  9. Bagi guru yang ingin dibuatkan Lamaso, hendaknya kirim proposal pemuatannya ringkasan materi, soal, kunci jawaban dan/atau pembahasannya dalam bentuk Ms. Word. Kirimkan ke kontak yang ada di web sekolah kami Form Contact www.sdnratujaya1.net atau via Whatsapp kami.

Bagi Orang Tua Siswa

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.
Penilaian Tagihan (Berdasarkan Tagihan Hasil Nilai pada Lamaso)
Geser ke kanan dan ke kiri untuk melihat
Bentuk Mata Pelajaran/Kompetensi Kelas KD Keterangan
Tugas 1IPA43.3Tugas Wajib segmen 1, file otomatis masuk ke drive Lamaso dengan hyperlink di database Excel Lamaso
Tugas 2IPA63.5Tugas Wajib segmen 2, file otomatis masuk ke drive Lamaso dengan hyperlink di database Excel Lamaso
Tugas 3IPA53.9Tugas Wajib segmen 3, file otomatis masuk ke drive Lamaso dengan hyperlink di database Excel Lamaso
PILIHAN GANDAPengetahuan Umum4 - 6 No. 1 s/d 2 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan
PILIHAN GANDAPengetahuan Cegah Covid-194 - 6 No. 3 s/d. 5 Sesuai Pengetahuan Umum
PILIHAN GANDAIPA & Literasi4 - 6 No. 6 s/d. 15 Sesuai dengan informasi umum yang ditayangkan

Daftar Nilai

Tutup Halaman Petunjuk

Ringkasan Materi

Daftar Isi

    Segmen 1: Sumber-sumber Energi

    Pengertian Energi

    Setiap kegiatan yang kita lakukan membutuhkan energi. Seperti berjalan, bergerak, berolahraga membutuhkan energi.

    Tidak hanya kita, bahkan benda-benda di sekitar kita pun memiliki energi. Contohnya petasan. Petasan meledak menghasilkan energi yang bersumber dari reaksi kimia.

    Lalu apa itu enegi?

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Setiap energi bersumber dari sumber energi. Energi yang kita gunakan untuk berjalan, bergerak dan berolahraga bersumber dari makanan yang kita makan. Petasan meledak bersumber dari reaksi kimia dan energi panas.

    Macam-macam Energi dan Sumbernya

    1. Energi Panas
      Energi panas adalah energi yang dapat mengakibatkan perubahan suhu suatu benda. Contohnya lilin yang meleleh ketika dibakar.

      Mengapa bisa meleleh? Karena lilin mengalami perubahan wujud dari padat menjadi cair karena dipanaskan oleh api. Panas pada Api ini memiliki kemampuan untuk melakukan usaha mengubah wujud lilin dari zat padat menjadi cair atau yang biasa disebut dengan meleleh. Dan api sebagai sumber energi panas. Selain api, coba kalian tentukan sumber energi panas yang lain. Diskusikan bersama keluargamu.


    2. Energi Bunyi
      Energi bunyi adalah energi yang berasal dari energi yang ditimbulkan oleh benda-benda bergetar. Contohnya petasan dan suara halilintar.

      Bagaimana proses terjadinya bunyi pada petasan dan halilintar?

      Petasan dibuat dengan membungkus bubuk mesiu dengan kertas-kertas yang kuat. Ketika adanya reaksi pada mesiu terjadi energi yang membuat kertas pembungkus itu rusak. Kertas-kertas ini akan bergetar dengan cepat sehingga menimbulkan bunyi yang dahsyat. Reaksi bubuk mesiu ini memiliki kemampuan untuk melakukan usaha merobek kertas pembungkus dengan cepat sehingga menimbulkan bunyi.

      Bagiamana dengan halilintar?

      Halilintar biasanya terjadi saat atau menjelang hujan. Saat itu, awan ada yang bermuatan positif dan negatif. Awan-awan yang berbeda muatan ini saling bertabrakan sehingga menimbulkan lecutan dan ledakkan bunyi.

      Eksperimen lain yang dapat Kamu pelajari tentang sumber bunyi adalah dengan menggetarkan penggaris di ujung meja. Letakkan ujung penggaris di tepi meja dan tekanlah pangkalnya. Kemudian, pada ujung penggaris kamu getarkan. Maka akan menimbulkan bunyi. Penggaris yang bergetar memiliki kemampuan untuk melakukan usaha berupa bunyi.

      Perhatikan gambar berikut:
      sumber bunyi pada penggaris


    3. Energi Potensial
      Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda. Potensial di sini akan menghasilkan reaksi ketika akan dikonversi (diubah) ke dalam bentuk energi lain. Contohnya, ketapel yang sedang direnggangkan atau busur panah yang sedang ditarik.

      Mengapa ketapel yang sedang direnggangkan memiliki energi potensial?

      Ketika karet ketapel ditarik, karet ini memiliki kemampuan untuk melakukan usaha berupa kembali ke bentuk aslinya (tidak merenggang). Kembalinya bentuk karet setelah merenggang akan menghasilkan reaksi berupa kecepatan. Sederhananya, karet dengan cepat akan kembali ke bentuk semula setelah dilepaskan dari tarikkan. Begitu juga dengan busur panah, ia akan menghasilkan reaksi untuk diubah (dikonversi) agar terjadi pelesapan terhadap busur.

      Energi potensial yang lain dapat Kalian temukan saat menemukan benda-benda yang menggelantung. Misalnya, jam dinding. Jam dinding memiliki energi potensial sebab jika pengait jam itu tidak kuat maka akan jatuh. proses jatuhnya jam dinding (bergerak) ini kemudian menghasilkan energi kinetik.

      Jadi, Energi potensial biasanya menghasilkan reaksi berupa dikonversi (diubah) menjadi energi kinetik.


    4. Energi Kinetik
      Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda-benda yang sedang bergerak. Contohnya kincir angin yang sedang bergerak. Kincir angin yang bergerak ini dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin yang nantinya menghasilkan listrik.

      Kincir angin yang bergerak memiliki energi kinetik karena memiliki kemampuan untuk melakukan usaha untuk bergerak.

      Pada ketapel dan busur panah, energi kinetik juga terdapat pada benda yang dilemparkan ketapel dan panah yang melesat. Sebab keduanya bergerak dengan cepat. Pergerakan ini memiliki energi kinetik.


    5. Energi Listrik
      Energi listrik adalah energi yang tersimpan dalam arus listrik. Contohnya lampu listrik, kipas angin, setrika, dan lain-lain.

      Arus listrik adalah pergerakan muatan listrik (elektron dan proton) yang didalamnya memiliki kemampuan untuk melakukan usaha untuk menghasilkan listrik.


    6. Energi Cahaya
      Energi cahaya adalah energi yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Misalnya cahaya matahari. Cahaya matahari memiliki kemampuan untuk melakukan usaha untuk menghasilkan energi lain. Contohnya dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk melakukan proses fotosintetis. Fotosintetis pada tumbuhan berguna untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan itu sendiri.


    7. Energi Kimia
      Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam bahan kimia. Misalnya baterai, aki, bahan bakar, bahkan makanan yang kita makan mengandung energi kimia.

      Energi kimia memiiki kemampuan untuk melakukan usaha untuk mengembalikan atau bereaksi menghasilkan energi lain. Misalnya baterai, pada baterai terdapat elemen kering yang berisi bahan kimia. Bahan kimia ini terjadi reaksi kimia yang menghasilkan arus listrik pada bateri sehingga dapat dimanfaatkan untuk benda--benda yang membutuhkan listrik. Seperti lampu bateri.

      Makanan yang kita makan pun mengandung energi kimia sebab di dalam makanan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Seperti karbohidrat protein, lemak, vitamin. Zat-zat yang dibutuhkan inilah yang menghasilkan energi agar kita dapat bergerak melaukan berbagai aktivitas.


    Eksperimen X-Sains

    Bahan-bahan yang dibutuhkan: Stik Es Krim

    Cara membuat:
    1. Mulailah dengan 2 batang stik es krim yang diletakkan membentuk huruf "X". Seperti gambar berikut:
    2. Letakkan stik ke-3 di bawah ujung stik ke-1 dan di atas stik ke-2 sehingga membentuk anyaman. Tampak seperti gambar berikut:
      langkah ke-1 Eksperimen Ledakkan stik es krim
    3. Letakkan stik ke-4 sejajar dengan stik ke-2. Dengan posisi di bawah stik ke-1 dan di atas stik ke-3. Seperti gambar berikut:
      langkah ke-2 Eksperimen Ledakkan stik es krim
    4. Letakkan stik pada titik "X" untuk menjaga keseimbangan. Seperti gambar berikut:
      langkah ke-3 Eksperimen Ledakkan stik es krim
    5. Panjangkan rangkaian dengan menambahkan stik ke-5 dan stik selanjutnya.
    6. Setelah benar-benar panjang, lepaskan ujung stik. Ujung stik ditunjukkan pada gambar berikut:
      langkah ke-3 Eksperimen Ledakkan stik es krim
    Penjelasan yang terjadi:
    Reaksi yang terjadi pada rangkaian susunan stik es krim berasal dari energi potensila dan energi kinetik yang berlebih dalam pelepasan rangkaian. Saat menyusun rangkaian stik es krim, secara bertahap dan terus menerus membangun energi potensial pada stik es krim. Semakin panjang rangkaian stik es krim semakin besar pula energi potensial yang tersimpan.

    Ketika rangkaian stik es krim dilepaskan, maka semua energi potensial yang tersimpan akan diubah (dikonversi) menjadi energi kinetik sehingga semua stik dalam rangkaian berhamburan.

    Tugas 1

    Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan?

    Tuliskan di Buku Tugasmu lalu poto dan unggahlah di sini!
    Tugas 1

    Segmen2: Perubahan Bentuk Energi

    Hukum kekekalan Energi menurut James Prescott Joule, energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lain.

    Pada umumnya, manfaat energi akan terlihat ketika energi berubah bentuk. Perubahan bentuk energi ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Kalian dapat melihat perubahan bentuk dalam tabel berikut ini:
    Geser ke kanan atau ke kiri
    Perubahan bentuk energi
    Dari → Ke
    Contoh
    Energi Listrik → Energi Panas Solder, magic jar, setrika, oven (microwave)
    Energi kimia → Energi Panas Berkeringat setelah makan
    Energi kimia → Energi listrik Batterai untuk menyalakan lampu, aki
    Energi kinetik (gerak) → Energi panas Gosokan tangan akan menghasilkan panas pada telapak tangan
    Energi kinetik → Energi bunyi Senar gitar bergetar menghasilkan bunyi, tepuk tangan
    Energi potensial → Energi Kinetik Mangga yang tiba-tiba jatuh
    Energi panas → Energi listrik Sel surya dan geotermal
    Energi panas → Energi Gerak Kertas spiral yang diletakkan di atas api (terjadi karena perpindahan panas konveksi)
    Energi listrik → Energi kimia Penyetruman aki
    Energi listrik → Energi Gerak Kipas listrik, blender, mikser
    Energi Cahaya → Energi Panas Pembakaran plastik menggunakan lup
    Energi listrik → Energi bunyi Radio, televisi, telpon.
    Geser ke kanan atau ke kiri

    Eksperimen X-Sains Segnen 2

    Bahan-bahan yang dibutuhkan:
    1. Balon
    2. Mobil-mobilan
    3. lem (lem panas)
    Cara membuat: Cukup rekatkan balon pada bagian mobil mainan

    Cara Bereksperimen:
    1. Tiuplah balon hingga balon membesar, ujung balon ditahan sehingga udara tidak keluar
    2. letakkan mobil di lantai (pada posisi "K")
    3. Lepaskan ujung balon hingga udara dalam balon keluar
    4. Perhatikan titik (tandai titik "L") tertentu saat udara balon habis
    5. Perhatikan titik dimana mobil-mobilan berhenti secara total (beri tanda "M")
    Eksplorasi sains dengan menanya:
    1. Berikan alasan mengapa mobil terus bergerak maju dari titik L menuju M!
    2. Berikan 2 cara untuk membuat mobil bergerak dalam jarak yang lebih jauh dari percobaan!
    Penjelasan:

    Alasan mengapa mobil terus bergerak maju meski balon udara telah habis karena mobil bergerak karena adanya enegi kinetik yang diperoleh dari balon masih belum habis. Mobil terus bergerak untuk diteruskan hingga habis. Habisnya energi kinetik ini diubah menjadi energi bentuk lain. Dalam percobaan ini, energi kinetik diubah menjadi energi gesek antara roda mobil, energi bunyi pada roda yang bergesek, dan energi panas. Energi ini tidak cukup untuk kita buktikan, tetapi ukuran energinya cukup kecil sehingga tidak bisa kita rasakan dalam percobaan ini.

    2 Cara agar mobil bergerak melebihi percobaan adalah dengan cara:
    1. Meniupkan balon dengan ukuran yang lebih besar
    2. melapisi lapisan lintasan mobil dengan minyak


    Tugas 2

    Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut!

    Kerjakan di buku tugasmu, lalu poto dan unggah di sini:
    Tugas 2

    Segmen 3: Sumber-sumber energi alternatif

    Pengertian Energi Alternatif

    Energi alternatif adalah energi yang dihasilkan dari sumber-sumber alternatif lain yang tidak biasa dipakai. Energi yang sering dimanfaatkan (bukan energi alternatif) biasanya bukan bersumber dari fosil. Misalnya bensin, solar, minyak tanah. Umumnya energi alternatif bukan berasal dari sumber energi yang habis pakai (sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui).

    Sumber Energi Alternatif

    1. Matahari
      Matahari bisa dijadikan sumber energi alternatif dengan membuat sel surya. Sel surya memanfaatkan panas matahari untuk dijadikan sumber energi listrik.

    2. Air
      Pemanfaatan air terjun untuk menggerakan turbin adalah salah satu energi alternatif lainnya. Pemanfaatan pasang surut air laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

    3. Gelombang air laut
      Gelombang air laut saat memecah pantai menghasilkan energi. Enegi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

    4. Udara
      Udara merupakan energi alternatif yang digunakan untuk menghasil energi. Misalnya, balon udara yang memanfaatkan udara/gas ringan Hidrogen untuk bisa mengangkat udara mampu menangkap keranjang balon udara.

    5. Angin
      Berbeda dengan udara, angin adalah udara yang bergerak. Pergerakan udara ini banyak dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Misanya, Di Negera Belanda, sumber listrik dihasilkan dari kincir angin. Perahul layar juga memanfaatkan energi angin untuk bisa berlayar.

    6. Panas bumi
      Sumber energi alternatif yang bersumber dari panas bumi disebut geotermal. Prinsip kerja untuk menghasilkan energi alternatif ini adalah: Saat batuan dari magma di dalam perut bumi akan memanaskan air di sekitarnya sehingga menghasilkan uap panasa atau geiser. Geiser tersebut dibor dan menghasilkan uap panas. Uap panas ini kemudian dimanfaatkan untuk menggerakan tubrin yang memutarkan generator sehingga menghasilkan energi listrik. Energi alternatif yang menggunakan panas bumi disebut juga geotermal (geo: bumi; termal: panas). Selain digunakan sebagai alternatif, panas bumi juga dapat dimanfaatkan oleh manusia misalnya: Pemandian air panas, pemanasah hasil kebun, pembibitan jamur, pembuatan pupuk, dan budi daya ikan.

    7. Biogas
      Pemanfaatan sampah-sampah yang berasal dari kotoran mahluk hidup dapat menghasilkan energi alternatif yang disebut biogas. Biogas dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar bermotor atau bisa juga digunakan untuk memasak (seperti gas elpiji)

    8. Biosolar/biodiesel
      Biosolar merupakan bahan bakar yang berasal dari sampah biologis dari tumbuhan. Misal kelapa, kelapa sawit, tanaman jarak, dan kapuk. Biodiesel disebut juga energi pengganti solar.

    9. Bioetanol
      Bioetanol berasal dari tumbuhan yang mengandung gula. Seperti singkong, ubi, jagung, dan sagu. Bioetanol digunakan untuk mengganti bensin premium.

    Cara Penghematan Energi

    1. Bijak dalam menggunakan listrik
    2. Bijak dalam memanfaatkan air. Terutama air yang diambil melalui peralatan listrik
    3. Menggunakan bahan bakar alternatif
    4. Ke sekolah dengan menggunakan kendaraan umum/ bersepeda.

    Tugas 3 (Wajjib)

    Jelaskan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari!

    Kerjakan di buku tugasmu, lalu poto dan unggah di sini:
    Tugas 3

    Latihan Soal

    Belajar Di Rumah bersama TVRI
    Setelah belajar dengan materi di atas, Kini saatnya Kalian berlatih menjawab soal latihan. Lengkapi formulir isian berikut dengan benar, lalu kerjakan setiap soal latihan. Hasil Nilaimu akan muncul pada laman "Lihat Daftar Nilai di Database Lamaso pada halaman Nilai"
    Buka Halaman Petunjuk
    Tutup Halaman Petunjuk

    Bagi Siswa:

    1. Pelajarilah baik-baik konten pembelajaran online ini.
    2. Lengkapi form data siswa terlebih dahulu dengan benar, hingga muncul tombol MULAI dengan cara:
      1. Isi form email dengan akun google. Contoh namamu@gmail.com. Jika pengisian benar, maka input pilihan selanjutnya akan aktif.
      2. Bagi siswa SDN Ratujaya 1, Pilih SDN Ratujaya 1. Maka akan otomatis data kecamatan dan nama sekolah akan terisi.
        Kalian tinggal isi Nama Siswa dan kelas Kalian. Lengkapi data Nama dan Kelas Kalian maka akan muncul tombol Mulai.
        Atur durasi waktunya lalu klik tombol Mulai untuk mengejakan soal latihan.
      3. Bagi siswa bukan SDN Ratujaya 1, pilih Sekolah Lain. Pilihan Dalam/Luar Kota Depok akan muncul.
        Jika sekolahmu berada di Kota Depok, maka:
        1. Pilih Kota Depok, maka akan muncul pilihan Kecamatan,
        2. pilih Kecamatan sekolahmu berada, maka akan muncul pilihan sekolah. Cari dan pilih nama sekolahmu.
        3. Input Nama dan Kelas Akan muncul, isilah dengan lengkap
        4. Setelah data terisi semua, maka akan muncul tombol Mulai.
        5. Atur durasi waktu pengerjaan soal
        6. Klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihan.
        Jika Sekolahmu bukan dari Kota Depok, maka:
        1. Pilih Luar Kota Depok, maka semua isian Kecamatan, Nama Siswa, dan Kelas akan aktif
        2. Lengkapi semua data hingga muncul tombol Mulai
        3. Atur durasi pengerjaan soal, lalu klik tombol Mulai untuk mengerjakan soal latihanmu
    3. Pembelajaran ini memuat satu pembelajaran yang disiarkan melalui TVRI, sangat disarankan murid-murid montonton siarannya pada pukul 09.00 - 09.30, hari selasa, 14 April 2020.
    4. Di Lamaso ini, akan ada tambahan materi. Baik berupa ringkasan materi, kuis, konten isi video, dan sumber materi lainnya.
    5. Di Lamaso ini, akan ada Tugas Wajib dan Tugas Pilihan. Tugas wajib adalah tugas yang harus dikejakan. Sementara tugas pilihan adalah tugas yang boleh dikejakan atau tidak. Minta petunjuk gurumu mengenai tugas pilihan di Lamaso ini.
    6. Sebelum mengerjakan/menginput jawabanmu, kerjakan terlebih dahulu di buku tugasmu.
    7. Jika seluruh tugas dan jawabanmu siap dan benar-benar yakin selesai, kerjakan di Lamaso ini untuk mengirimkan nilainya ke gurumu
    8. Pastikan semua tugas dan jawaban telah diinput semua sebelum dikirimkan ke gurumu
    9. Hasil nilai pengerjaanmu harus disimpan dalam bentuk pdf, kemudian kirimkan hasil pdf nilaimu ke gurumu
    10. Setelah puas dengna nilai hasil pengerjaanmu, kirimkan nilainya ke Database Lamaso untuk diinput ke daftar nilai (Klik tombol "kirim Nilaiku" pada halaman Hasil Akhir.
    11. Bagi yang tidak bisa menggunakan lamaso versi ini (pun bila ada perbaruan konten) silakan kunjungi web sekolah kami www.sdnratujaya1.net
    12. Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tetap #DiRumahAja

    Lengkapi Data dengan benar hingga muncul tombol Mulai

    Gmail : 
    Pilih Kota dan Kecamatan :
    Sekolah :
    Nama :
    Kelas :
    Alokasi Waktu : menit
    Pastikan semua terisi hingga muncul tombol Mulai di sini:
    LAMASO

    Setelah menge-klik tombol "Mulai mengerjakan" pada isian durasi waktu, tombol soal akan muncul di bawah.
    Durasi Penyelesaian 00: 00: 00
    PILIHAN GANDA
    Jawablah pertanyaan berikut ini dengan memilih opsi jawaban yang benar!
    1. Pembawa acara pada program X-Sains adalah ...

    2. X-Sains, berkaitan dengan mata pelajaran ....

    3. Tujuan menjaga jarak (Social distancing/Physical distancing) sebagaimana yang diinstruksikan oleh pemerintah kepada masyarakat yaitu….

    4. Upaya psikologis agar daya tahan tubuh kuat untuk menjaga agar tidak tertular COVID-19 adalah....

    5. Perhatikan langkah-langkah cara mencuci tangan berikut ini!
      1. ) Tuang sabun pada tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan.
      2. ) Basahi tangan dengan air.
      3. ) Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar.
      4. ) Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir.
      5. ) Gosok punggung tangan dan sela jari.
      6. ) Keringkan tangan dengan lap sekali pakai
      7. ) Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya.
      8. ) Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.
      9. ) Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.
      Cara mencuci tangan yang baik dan benar yaitu ....

    6. Perhatikan gambar!
      ujung gunting memiliki sifat magnet
      Seorang penjahit mengambil jarum menggunakan ujung gunting seperti gambar di samping. Gaya yang mengakibatkan jarum dapat menempel pada ujung gunting adalah . . .

    7. Kayu tidak dapat ditarik oleh magnetik sebab kayu termasuk benda ...

    8. Arah garis gaya magnet bumi adalah ....

    9. Sebuah benda berbentuk persegi panjang ujung-ujungnya diberi tanda A dan B. Pada benda yang ditandai A didekatkan sebuah magnet dengan Kutub Utara dan benda tersebut tertarik oleh magnet. Percobaan selanjutnya, magnet didekatkan lagi pada benda di tanda B, dan terjadi tarik menarik juga.

      Berdasarkan ilustrasi di atas, benda persegi panjang yang ditanda A dan B pada ujung-ujungnya adalah ....

    10. Cara pembuatan magnet dengan cara induksi adalah dengan cara . . . .

    11. Perhatikan gambar cara pembuatan magnet berikut:
      arah pada magnet elektromagnetik
      Kuub A pada cara pembuatan magnet di atas adalah kutub . . . .

    12. Larutan termasuk ke dalam zat ....

    13. Garam termasuk zat tunggal ...

    14. Larutan elektrolit mampu mengantarkan arus listrik karena terjadi penguraian menjadi ion-ion bermuatan. Ion bermuatan positif disebut ...

    15. Ibu membuatkan kopi untuk ayah. Ayah menyukai kopi tanpa gula. Ketika diaduk, kopi tidak larut dengan sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa kopi yang dibuatkan ibu termasuk ....
    Jika yakin sudah selesai, Silakan klik tombol selesai pada kolom durasi di atas.
    LAMASO KURIKULUM 2013

    Hasil Nilai


    Nama Siswa :
    Mata Ujian :
    Nilai : 00 untuk Pilihan Ganda

    Untuk Isian (Validasi Gurumu)

    Diselesaikan pada : Waktu Selesai Mengerjakan
    Jumlah Tugas:

    Jumlah soal PG :

    Jumlah Soal sudah dijawab :

    Jumlah Soal belum dijawab :

    Pilihan Ganda dijawab:


    Soal Isian:

    Simpan hasil nilai ini dalam bentuk pdf, lalu kirimkan ke WA Gurumu.


    Kirim Nilai ke Database Lamaso

    Selamat ya, Kamu berhasil mendapatkan nilai yang bagus.

    Hasil nilaimu akan langsung otomatis terkirim ke database Lamaso. Pengumuman umumnya, Kami akan posting di blog diposting di web www.sdnratujaya1.net

    Halaman Utama

    Latihan Soal

    Lihat Daftar Nilai di Database Lamaso

    Tentang Lamaso

    Share ya...

    Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
    EmoticonEmoticon