Wednesday, 5 December 2018

Suasana Penilaian Akhir Semester 1 2018/2019 di SDN Ratujaya 1



Sejak tanggal 3 Desember 2018 SDN Ratujaya 1 sudah mulai melaksanakan Penilaian Akhir Semester 1 (PAS 1).  Berdasarkan pantuan redaksi www.sdnratujaya1.net ,  selama pelaksanaan PAS berlangsung tertib dan aman. Tercatat di hari pertama pelaksanaan, peserta PAS dapat hadir semua.


Kepala UPTD SD Negeri Ratujaya 1, Bapak Ajun Karyuli, S.Pd.I.,MM menunjuk Ibu Christina Safira, S.Pd untuk menjadi ketua panitia PAS 1 tahun 2018/2019. Ketua panitia dibantu oleh Ibu Ruliyanti selaku sekretaris dan Ibu Widya Hendarsari sebagai bendahara.  Adapun guru-guru yang lain menjadi anggota pelaksana kegiatan.

Penunjukkan panitia yang dilakukan melalui rapat kordinasi antara Kepala UPTD dengan pendidik dan tenaga kependdidikan di lingkungan sekolah. Dalam rapat tersebut dijelaskan tugas-tugas dari masing-masing peran guru dalam pelaksanaan PAS. Agar pelaksanaan PAS ini berjalan sukses, maka dibutuhkan kerjasama dan kordinasi yang baik. Begitulah ungkapan kepala UPTD dalam rapat kordinasi.

Di hari pertama pelaksanaan, Pengawas Binaan Gugus 2 Kecamatan Cipayung, Bapak Ade Sukma Nurzani, M.Pd melakukan supervisi kegiatan. Kepala UPTD didampingi dengan ketua panitia melaporkan adminstrasi berupa prosal kegiatan hingga kelengkapan berkas lainnya.

SDN Ratujaya 1 masih menerapkan waktu penyelenggaraan pendidikan kedalam double shift. Dimana dalam satu hari terdapat dua waktu kegiatan pembelajaran. Warga sekolah menyebutnya dengan kelas pagi dan kelas siang. Begitupun dengan pelaksaan PAS ini, kelas yang terjadwalkan pada pagi siang hari akan menyesuaikan jadwal PAS yang berlangsung. Misalnya kelas 4, mereka harus hadir di sekolah minimal pukul 9 pagi di sekolah.

Adapun jadwal pelajaran/tema yang diujikan dalam kegiatan PAS 1 ini sudah diberitahukan kepada siswa sejak tanggal 30 November.  Jadwal tersebut juga dapat dilihat di blog ww.sdnratujaya1.net dalam postingin ini sebelumnya.

Soal yang diterima di SDN Ratujaya 1 ada 2 jenis soal. Yaitu soal untuk Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006. Pada tahun ini, kelas 6 masih menerapkan Kurikulum 2006 karena tahun-tahun sebelumnya siswa yang duduk di kelas 6 belum pernah belajar dengan kurikulum 2013. Sedangkan dari kelas 1 hingga kelas 5 sudah mulai menerapkan pembelajaran dan penilaian kurikulum 2013.

Untuk mendapatkan nilai dari Soal sejenis PAS, guru harus melalui beberapa tahapan dalam menganalisis soal. Semisal guru harus memilah-milah soal nomor berapa dari soal PAS tema tertentu ke dalam mata pelajaran dan kompetensi dasarnya masing-masing. Belum lagi, pengoreksian pada tiap soal akan dibagi dengan banyaknya soal yang masih dalam satu indikator kompetensi. Tahapan-tahapan itu harus guru lewati demi  memperoleh kompetensi nilai siswa.

Namun, bagi guru-guru di SDN Ratujaya 1, menganalisis soal sejenis UTS atau PAS tidaklah sulit. SDN Ratujaya 1 telah menciptakan aplikasi khusus bagi guru-guru dalam melaksanakan penilaian. Guru hanya perlu mengoreksi benar-benar saja, tanpa mengolah dan menghitung pencapaian kompetensi  seperti yang dilakukan secara manual. Cukup menginput nilai benar dari koreksian, maka aplikasi tersebut akan menjadi nilai untuk masing-masing mata pelajaran dan kompetensi dasarnya.

Selain itu, aplikasi yang dibicarakan ini memiliki beberapa fitur yang dapat dijadikan seluruh kebutuhan administrasi guru. Seperti pelaporan absensi, tabungan, pelaporan analisis soal, kalender pendidikan,  analisis hari dan jam efektif, hingga pelaporan buku raport, dan masih banyak yang lainnya. Maka tak heran, selama pelaksanaan PAS guru-guru disibukkan dengan menginput nilai agar nanti selama liburan tidak lagi disibukkan dengan pengolahan nilai raport.

Penilaian Akhir Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 hingga 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian akhir semester 1 ini meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan seluruh Kompetensi Dasar pada satu priode.
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon