Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Acara Lepas Sambut Pengawas Sekolah Kecamatan Cipayung Tahun 2022

 Hari itu, Kamis 10 Februari 2022, bertempat di UPTD SDN Utanjaya Kelurahan Pondok Jaya kecamatan Cipayung, Pengawas Pembina Sekolah tingkat dasar melaksanakan kegiatan lepas sambut. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari Pukul 08.00 sampai dengan selesai.

Lepas Sambut Pengawas Sekolah SD Kecamatan Cipayung


Pelaksanaan lepas sambut tersebut terkait dengan pemindahan tugas kepengawasan atau rotasi tugas oleh beberapa pengawas yang terjadi di Kota Depok. Termasuk di Kecamatan Cipayung.

Sebelumnya, Pengawas pembina kecamatan Cipayung diasuh dan dibina oleh Bapak Bahrudin dan Bunda Hetty Agustiawati. Dua sejoli -- begitu sapaan akrab kedua pengawas tercinta ini -- harus berpindah tugas ke kecamatan lain.

Sementara itu, pengganti dua sejoli ini digantikan oleh Trio Macan. Dikatakan trio sebab Kecamatan Cipayung mendapatkan tiga pengawas pembina sekaligus. Sedangkan kata macan sudah pasti ketiga Pengawas Pembina kita manis-manis dan cantik-cantik. Mereka adalah Ibunda Dra. Mimir Puspitaningsih, Diah Safitri M.Pd., dan Sri Suparni, M.Pd.


Sambutan dan Ucapan Terimakasih Kepala Sekolah

Dalam kesempatan itu perwakilan kepala sekolah negeri sekaligus Ketua K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), Bapak H. Zaenal Arifin, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pak Bahrudin dan Bunda Heti. Selama bertugas selaku pengawas banyak sekali pelajaran yang telah diberikan.

Bapak Zaenal yang merupakan Kepala SDN Cipayung 1 juga mengucapkan selamat datang kepada ketiga pengawas Cipayung. Beliau berharap kedatangan Trio Macan ini mampu bersinergi dalam memajukan sekolah di Kecamatan Cipayung. Bahkan, beliau menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan program pengawas pembina.

Ungkapan sambutan juga disampaikan oleh Ustad Yusuf Supriyadi, Kepala Sekolah SDIT As Salamah sekaligus Ketua K3S untuk Sekolah tingkat SD Swasta di Kecamatan Cipayung. Beliau mengapresiasi kerja dari Pengawas Pembina sebelumnya, Bapak Bahrudin dan Ibu Heti. Pak Ustad Yusuf juga menjelaskan letak geografis sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Cipayung secara detail. Sebab Kecamatan Cipayung memiliki kondisi geografis yang unik. Beliau berharap ketiga pengawas cantik ini bisa bersahabat dengan alam di Kecamatan Cipayung.


Sambutan Kedua Sejoli: Bapak Bahrudin dan Bunda Heti

Acara Lepas Sambut Pengawas Sekolah memberikan kesempatan kepada kedua Pengawas. Kesempatan pertama disampaikan oleh Bapak Bahrudin. Dalam kesempatan itu, beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh kepala sekolah di Kecamatan Cipayung, khususnya yang menjadi sekolah binaannya. Beliau juga berharap kepada ketiga pengawas nanti program-program yang belum tuntas ataupun program unggulan di kecamatan Cipayung terus ditingkatkan. Nantinya, K3S tidak lagi dikelompok-kelompokkan. Sehingga tidak ada lagi perbedaan antara K3S Negeri dengan K3S Swasta.

Berbeda dengan Bunda Heti. Suasana menjadi haru tatkala beliau mengungkapkan sambutannya. Beliau seakan berat meninggalkan sekolah di Kecamatan Cipayung. Selama sambutan terlihat ada pelangi di matanya yang menyiratkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh keluarga pendidik di Kecamatan Cipayung.

Bunda Heti dikenal dengan jiwa seninya. Dalam berbagai kesempatan, Bunda Heti selalu meluangkan waktu untuk karaoke bersama dengan kepala sekolah dan guru-guru. Sebab beliau dikenal oleh Kami Bunda Heti adalah seorang pengawas yang ahli di bidang seni. Terutama puisi dan bernyanyi. Semua ini mencerminkan bahwa pendidik di Kecamatan Cipayung bukanlah sekadar pendidik. Bukan lagi sekadar batas antara pengawas dan pendidik. Namun, sebagai keluarga.


Trio Macan yang Grecep

Pengawas Sekolah SD Kecamatan Cipayung tahun 2022


Lagi, istilah Trio Macan yang disematkan oleh ketiga Pengawas Sekolah yang manis dan cantik-cantik ini bukan mempertegas bahwa pengawas itu galak dan menakutkan. Namun, konotasi macan ini memiliki arti MANIS DALAM SETIAP KEBIJAKAN DAN CANTIK DALAM SETIAP PROGRAMNYA.

Saat diberikan kesempatan, mereka menanyakan kepada kami. "Apakah kami diterima (sebagai pengawas di Kecamatan Cipayung?", tanya pengawas.

Tentu saja, pertanyaan retoris untuk sekolah tersebut mendapatkan sambutan rasa syukur yang mengungkapkan makna selamat bergabung menjadi keluarga pendidik dan tenaga kependidikan Kecamatan Cipayung. 

Ketiga Pengawas Sekolah ini kemudian  menyampaikan planning kerjanya. Dan mengumumkan sekolah-sekolah yang menjadi sekolah binaannya. Dalam kesempatan itu, Ibu Diah Safitri mengumumkan sekolah-sekolah yang menjadi binaan dari masing-masing Pengawas Macan ini.

Masing-masing sekolah tingkat dasar, baik SD yang berstatus negeri maupun swasta, akan dibentuk Gugus. Oleh sebab Kecamatan Cipayung mendapatkan tiga Pengawas Sekolah ini, maka gugus yang ada di Kecamatan Cipayung terbagi menjadi tiga, yaitu:


Gugus 1:

Pengawas Binaan oleh Ibu Dra. Mimir Puspitaningsih.

SDN Cipayung 1 (Sekretarias Gugus)

SDN Cipayung 2

SDN Cipayung 3

SDN Ratu Jaya 2

SDIT Arosaiyah

SDIT Assalamah

SDIT Anajah

SDIT Al-Hikmah 1

SDIT Insan madani

SDIT Alarabi

Baca juga: Artikel tentang gugus di web ini

Gugus 2:

Pengawas Binaan oleh Ibu Diah Safitri, M.Pd.

SDN Ratujaya 3

SDN Ratujaya 1

SDN Pondok Terong 1 (Sekretariat Gugus)

SDN Pondok Terong 3

SDIT Masykur

SDIT Alfatih

SDI ratu jaya

SDIT Al-Hikmah 2

SDI Cipayung

SDIT Al muhtadin


Gugus 3:

Pengawas Binaan oleh Ibu Sri Suparni, M.Pd.

SDN Utan Jaya (Sekretariat Gugus)

SDN Cipayung 4

SDN Citayam 1

SDN Citayam 4

SDN Pondok Terong 4

SDIT Umul amiah

SDIT Mawadah

SDIT Putra jaya

SDIT Nurmuria

SDIT Restu ibu

SDIT Junika


Selain mengumumkan pembagian gugus dalam program kerjanya. Ketiga pengawas meminta kepala sekolah untuk membuatkan Whatsapp Group (WAG) untuk seluruh guru di masing-masing gugus. Termasuk Bunda Diah Safitri. Setelah acara lempas sambut tersebut, malamnya WA Grup sudah terbentuk. Masing-masing kepala sekolah pun mengundang seluruh kontak WA masing-masing gurunya.


Ungkapan Keluarga Pendidik SDN Ratujaya 1

Sebagai salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cipayung dan termasuk sekolah binaan di Gugus 2, kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyak kepada Bunda Heti Agustiawati.

Rasa terima kasih itu kami ungkapkan tidak hanya dalam masalah kinerja yang telah beliau berikan kepada kami. Namun, sikap dan rasa kekeluargaan yang telah beliau tebarkan bagi keluarga SDN Ratujaya 1.

Banyak sekali kisah kebersamaan kami bersama Bunda Heti. Mulai dari pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru-guru sampai menyalurkan hobi menyanyi di sekolah kami. 

Kami juga menyampaikan selamat datang kepada Bunda Diah Safitri selaku pengawas pembina di Gugus 2, khususnya sekolah kami. Semoga Bunda Diah Safitri mampu mengarahkan kami menjadi pendidik lebih baik lagi.

***

Artikel ini ditulis oleh Bapak Supriyanto, M.Pd., Kepala UPTD SDN Ratujaya 1, sebagai ajang pembiasaan literasi digital yang diterapkan di SDN Ratujaya 1. Tulisan di atas adalah murni ulasan dari kami. Apabila ada penyebutan nama, gelar, informasi yang tidak tepat, atau ada sesuatu kata yang kurang berkenan mohon hubungi kami agar informasi ini diperbaiki sehingga informasi ini lebih baik lagi.

Syahandrian Eda
Syahandrian Eda Seorang pelajar yang tak berhenti untuk belajar

2 comments for "Acara Lepas Sambut Pengawas Sekolah Kecamatan Cipayung Tahun 2022"

  1. dan pada akhirnya pak kepsek ratujaya 1 turun tangan berkontribusi meramaikan web keren ratujaya 1 ...semangaat buat semuanya

    ReplyDelete