Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAHAN AJAR TEMA 6 KELAS 5

Bahan ajar adalah bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran (Pannen, 1995). 

Bahan Ajar Tema 6 Kelas 5


Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya (Widodo dan Jasmadi dalam Lestari, 2013:1). 

Pengertian ini menjelaskan bahwa suatu bahan ajar haruslah dirancang dan ditulis dengan kaidah intruksional karena akan digunakan oleh guru untuk membantu dan menunjang proses pembelajaran. Bahan atau materi pembelajaran pada dasarnya adalah “isi” dari kurikulum, yakni berupa mata pelajaran atau bidang studi dengan topik/subtopik dan rinciannya (Ruhimat, 2011:152)

Silahkan download bahan ajar tema 6 kelas 5 berikut ini,semoga bermanfaat...

 download bahan ajar tema 6 kelas 5


Dalam bahan ajar tersebut, berisi pembelajarann yang berkaitan dengan tema 6. Muatan pelajaran yang disajikan adalah Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP, dan PKn.

Bahan ajar ini sudah mencakup kerangka berpikir abad 21. Diantaranya adalah kegiatan menanya, membaca, menulis, mengamati, dan mendiskusikan.

Terdapat beberapa tulisan informasi yang sebagai bahan pembelajaran.  Artikel pertama berjudul, "Sumber Energi Panas". Artikel ini merupakan muatan mata pelajaran IPA terkait dengan ruang lingkup Energi.

Masih dalam artikel Sumber Energi Panas, peserta didik menganalisis tulisan tersebut dalam mengukur kompetensi muatan pelajaran bahasa Indonesia. Terutama kompetensi mengenai judul, kata kunci, dan kesimpulan dari artikel tersebut.

Muatan SBdP dalam bahan ajar ini memuat pengertian dari Tangga Nada. Muatan SBdP pada lingkup Musik/Bernyanyi. Peserta didik diminta untuk membedakan jumlah dan nama nada antara tangga nada diatonis dan nada pentatonis.

Konvensi hak anak menjadi artikel pilihan untuk muatan pelajaran PKn. Dimana peserta didik dapat memahami hak-haknya sebagai anak berdasarkan konvensi Hak Anak yang disahkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).     

Masih seputar hak anak, peserta didik juga diminta menganalisa hak anak sebagai siswa. Artikel tambahan untuk memperkuat pemahaman siswa tersebut berjudul Hak-hak seorang siswa. Agar peserta didik diharapkan mencapai kompetensi, diberikan pertanyaan untuk mengukur pencapaiannya.

Dalam tahapan kecakapan mengamati, perserta didik diminta untuk mengamati beberapa gambar yang mengilustrasikan fonema lingkungan. Kemudian dilanjutkan dengan membaca artikel untuk mendapatkan atau mendukung sekaligus penguatan terhadap bahan pengamatan tersebut.

Pada sesi ini, peserta didik diminta menganalisis Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungannya.  Atas pengamatan tersebut peserta didik diharapkan memiliki kesadaran akan pengaruh interaksi dirinya sebagai bagian dari lingkungan. 


Bahan ajar yang telah disusun oleh Bu Ruli merupakan bahan ajar kondisional sebagai bahan ajar yang menjadi sumber kegiatan pembelajarannya di sekolah. 

Post a Comment for "BAHAN AJAR TEMA 6 KELAS 5 "