Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Perkembangan Kognitif anak anda ?

 



Fase-fase Perkembangan Kognitif

Dalam perkembangan kognitif pada anak dapat diketahui melalui rentang usianya di awali dengan usia dini hingga usia dewasa. Hal ini perlu mendapatkan dorongan dan dukungan yang baik dari lingkungan terutama lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

.Menurut Piaget salah satu ahli psikologi mengemukankan pendapat bahwa  Fase-fase perkembangan kognitif dibagi kedalam empat tahap perkembangan, yaitu: 

perkembangan kognitif

1. Fase Sensorimotor (usia 0-2 tahun)

Dalam Fase ini anak akan mempelajari segala sesuatu melalui pengalaman-pengalamannya yang terjadi terhadapnya dirinya melalui pancaindera, melalui penghelihatan dan mendengar serta Gerakan fisik.

2. Fase Praoperasional (usia 2-7 tahun)

Fase ini ditandai dengan anak yang sudah memiliki egosintris ataupun inisiatif meniru dan senang mendengar suatu cerita yang bagi mereka menarik seperti dongeng dan cerita rakyat.

3. Fase Operasi Konkret (usia 7-11 tahun)

Fase ini ditandai dengan anak mulai meniru-meniru sesuatu hal yang mereka kagum melalui cerita rakyat ataupun serial dalam acara TV

4. Fase Operasi Formal (usia 12 tahun sampai usia dewasa)

Dalam fase terakhir ini individu dapat ditandai dengan perbedaan cara berfikir dari yang konkret menjadi yang abstrak.

Sejak seorang anak dilahirkan ke dunia hingga dewasa pastilah mengalami fase-fase perkembangan kognitif dalam hidupnya sesuai dengan rentang usianya. Fase tersebut dimulai dari fase sensorimotor yang terjadi pada rentang usia 0-2 tahun, kemudian anak memasuki fase praoperasional yang terjadi pada rentang usia 2-7 tahun, selanjutnya adalah fase operasi konkret pada usia 7-11 tahun, dan yang terakhir adalah fase operasi formal yang terjadi ketika anak berusia 12 tahun hingga usia dewasa. Fase-fase perkembangan kognitif pada setiap orang berbeda, ada yang berkembang sesuai dengan rentang usia di fase perkembangannya, ada yang fase perkembangannya berjalan sangat pesat, dan ada pula yang fase perkembangannya berjalan dengan lambat.

Dengan adanya pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap anak akan melalui tahap tahap dan fase-fase dalam perkembangan kognitif.

Dalam perkembangannya individu dimulai sejak usia dini hingga usia dewasa. Perkembangan kognitif akan menjadi optimal tidak lepas dari peran orang tua dirumah serta guru sekolah yang saling bersinergi dalam memantau perkembangan anak dalam bentuk perhatian dan pembelajaran yang dilakukan oleh anak.

Hal ini orang tua sangat berperan sebagai pendukung utama dalam melewati fase-fase yang dilalui oleh anak. Sehingga saat anak sudah memasuki usia sekolah peran orang tua akan dibantu oleh guru sekolah dalam memberikan perhatian dan pembelajaran dalam mengopitmalkan perkemebangan kognitif anak.

 

 

Post a Comment for "Bagaimana Perkembangan Kognitif anak anda ? "