Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh perkembangan teknologi dalam Pendidikan

 Pengaruh perkembangan teknologi dalam Pendidikan

Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi dalam kehidupan masyarakat dalam mempermudahkan kehidupan masyarakat termasuk dalam dunia Pendidikan. Perkembangan teknologi dalam kehidupan memiliki masalah tersendiri dalam masyarakat seperti masalah ekonomi, asmara, Pendidikan, pekerjaan dan Kesehatan mental yang membuat tekanan dalam kehidupan semakin tinggi. 

Pembelajaran dalam era saat ini berbeda dengan pembelajaran era masa lalu. Dalam era globalisasi untuk mendapatkan informasi lebih mudah dan efisien dan perkembangan teknologi tidak dapat lepas dalam perkembangan dalam dunia Pendidikan. Perkembangan dunia menuntut dunia Pendidikan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan terutama dalam prosen belajar dan pembelajaran, perkembangan teknologi yang pesat telah mempermudahkan dunia pendidikan dalam memberikan inovasi-inovasi yang menunjang pembelajaran. 

Dalam perkembangan teknologi salah satunya memberikan pilihan media pembelajaran bagi pendidikan dalam proses pemberlajaran.  Menurut Azhar Arsyad (2002:3) Media pembelajaran adalah pengantar pesan dari pengirim kepada penerima. Dalam dunia pendidikan sangat dirasakan dengan dipicunya perkembangan teknologi sebagai contoh variasi media dan mudahnya mencari infomasi terkait materi-materi untuk proses pembelajaran. Pemanfaan teknologi dalam kominikasi mempermudah dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam pembagian infomasi pengetahuan. 



Berikut dampak positif dan negatif perkembangan teknologi, antara lain :

1. Dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dan cepat 

2. Dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas e-mail, chat, sampai komunikasi  secara langsung (pembicaraan) sekalipun melalui internet atau yang sering disebut videocall. 

3. Munculnya bermacam macam komunitas dari internet guna menjalin relasi baru.

4. Memudahkan dalam mencari informasi yang butuhkan. 

5. Memungkinkan berbelanja melalui media internet/online. 

6. Akses internet dapat kita lakukan dengan dan murah. 

7. Mendapat hiburan, sebagai contoh games online, dan lain-lain. 

Selain dampak positif, pasti ada dampak negatifnya, antara lain; 

1. Munculnya penipuan melalui telfon, sms, dan internet 

2. Mudahnya mengakses video porno. 

3. Munculnya penjiplakkan (plagiatisme). 

4. Pembobolan rekening atau kartu kredit (hacker) atau cybercrime 

5. Meningkatnya sikap konsumerisme. 

6. Perjudian online 

7. Miss-informasi (Berita HOAX)

8. Lupa menjalankan kewajiban belajar, beribadah, dan lain-lain


 Berikut ini tanda dan gejala gangguan kesehatan mental yang mayoritas pernah dialami oleh hampir semua orang diantaranya:

1.     Adanya perasaan khawatir yang berlebihan, firasat buruk rasa takut akan pikirannya sendiri, dan mudah tersinggung.

2.     Merasa tegang, gelisah, tidak tenang, dan mudah terkejut.

3.     Takut sendirian, takut pada keramaian, dan banyak orang.

4.     Gangguan pola tidur, mimpi-mimpi yang menegangkan.

5.     Gangguan konsentrasi dan daya ingat.

6.     Keluhan-keluhan somatik seperti rasa sakit pada otot dan tulang, pendengaran berdenging (tinnitus), berdebar-debar, sesak nafas, gangguan pencernaan, gangguan perkemihan dan sakit kepala.

Perkemabgan kemajuan teknologi dapat mengubah cara pandang dan gaya hidup dalam masyarakat Indonesia untuk mempermudah setiap kegiatan dan pencarian informasi untuk mendukung pendidikan dalam pembelajaran. Sistem pendidikan dalam era perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan sumber daya manusianya sehingga perkembangan tenologi kurang diperhatikan untuk digunakan proses pembelajaran. Hal ini disebabkan sumber daya manusian tertinggal dan tidak mengikuti perkembagan teknologi khisusnya pemanfaatan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.



Berdasarkan hal tersebut dapat kita simpulkan perkembangan teknologi sangat berpengaruh khususnya dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi berguna untuk membantu tenaga pendidik untuk proses pembelajaran dan mempermudah komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa untuk mengetahui perkembangan siswa. Namun, oerkembangan teknologi memiliki dampak negative yang mengharuskan tenaga pendidik dan orang tua dalam mengawasi anak agar tidak terjerumus dengan dampak negative perkembangan teknologi.



Post a Comment for " Pengaruh perkembangan teknologi dalam Pendidikan"