Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APA KERJA SAMA ITU PENTING ??

 APA KERJA SAMA ITU PENTING ??

Dalam perkembangan peserta didik memiliki beberapa fase sesuai dengan umur yang dimiliki oleh dengan individu. 

Fase usia remaja yang retan umur 12 samapai 19 tahun memiliki kriteria dalam setiap perkembangan dirinya.

Menurut Havighurst mengemukakan tugas-tugas perkembangan pada rentan usia remaja awal dan remaja akhir yakni memiliki hubungan baru yang lebih matang dengan usia sebaya baik laki-laki ataupun perempuan serta diharapkan memiliki rasa tanggungjawab untuk memenuhi perkembangan dirinya.

Tugas selanjutnya perilaku dalam membentuk kelompok belajar dan berkerjasama dalam kelompok belajar.

Tavakoli dan soltani menyatakan kemampuan social yang baik termasuk bekerja sama dalam kelompok yang menjadikan indivudu dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dan optimal dibanding peserta didik yang kurang baik dalam hubungan social.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan tugas perkembangan remaja akan membuat peserta didik lebih terampil dalam bersosialisasi terutana dalan Kerjasama dalam kelompok belajar

KERJA SAMA ADALAH ??

Johnson mengemukakan bahwa Kerjasama adalah bekerja secara Bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan secara Bersama.

Dalam bekerjasama yang telah dibentuk oleh beberapa individu diharuskan memiliki mekanisme dan aturan yang jelas serta koordinasi yang sesuai dengan kesepakatan Bersama.

Berkerjasama menurut Dewi ialah bentuk kerja secara kelompok yang terorganisasikan dan dikelola dengan memiliki anggota dan pemimpin.

Indikator Kerjasama

indikator-indikator kerjasama tim adalah:

1) Kerjasama

Kerjasama yang dilakukan oelh sebuah tim agar pekerjaan lebih efisiensi dan efektivitas daripada melakukan pekerjaan secara individua tau sendiri.

2) Kepercayaan

Kepercayan terhadap tim dalam kelompok untuk melakukan tugas dalam dalam kelompok.

3) Kekompakan

Kekompakan adalaj bekerja sama satu dengan yang lain dalam tim dam saling bertanggungjawab secara Bersatu dan teratur tidak tergantung satu sama lain.

Karakter Kerjasama 

Menurut Sopiah Kerjasama memiliki karakter yang melekat agar Kerjasama berhasil baik. Karakter-karakter tersebut adalah sebagai berikut: 

1) Memiliki komitmen 

Dalam melaksanakan tugas dalam kerjasama, komitmen dalam menjalakan sangat diperlukan agar setiap anggota dalam tim dapat bertanggungjawab dan tidak memiliki keluhakn dengan dibatasi yang dilakukan.

Semakin tinggi komitmen seseorang dalam menjalankan tujuan bersama akan menciptakan Kerjasama yang baik hai ini ditujukan dalam melalui menuangkan waktu dan upaya efisien dalam membahas suatu kerjaan secara bersama..

2) Memiliki Tujuan Bersama

Kelompok kerjasama diharuskan memiliki tujuan yang sama dan dapat diukur secara dan spersifik.

Tujuan ini dapat membimbing individu dalam bekerja yang lebih efektif dan mempermudah dalam komunikasi.

3) Evaluasi kinerja 

Evaluasi kinerja ialah berntu pertanggungjawaban setelah pekerjaan dilakukan sehingga dapat membantu abggota dalan memberi tahu kekurangan dan perbaikan dalam pekerjjaan.

4) Menghindari kemalasan sosial dan tanggung jawab

Dalam suatu kelompok untuk membentuknya kerjasama yang baik bagi setiap anggota diharuskan menghindari kemalasan dan bertanggungjawab atas tugasnya.

Kelompok yang memiliki kerjasama yang baik dapat mengurangi kemalasan social dan anggota dalam kelompok dapat bertanggungjawab pada setiap tugas-tugas yang diberikan. 

5) Kepemimpinan dan struktur

Pemimpin dibutuhkan dalam kelompok sebagai fasilitator komunikasi antar anggota dan menyediakan bantuan kepada kelompok untuk tercapainya tujuan kelompok dan menciptakan kerjasama kelompok.

Kelompok kerjasama yang baik memerlukan kepemimpinan dan struktur untuk memberikan pengarahaan dan memastikan kelompok mencapai tujuan. 

6) Mengembangkan kepercayaan timbal-balik yang tinggi

Dalam kerjasama yang baik harus memiliki rasa saling percaya pada setiap anggotanya.


Creation : Indra Saipul Rizky

Email : indra.saipul20@gmail.com

Ig : @indraksi


 


Post a Comment for " APA KERJA SAMA ITU PENTING ??"