Friday, 15 May 2020

Pekan Minggu Ceria: Kompetensi Akademik untuk Kecakapan Hidup (Kamis, 14 Mei 3030 UPTD SDN Ratujaya 1)

Assalamualaikum, Ayah Bunda SDN Ratujaya 1.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Sebagaimana sebelumnya telah Kami sampaikan mengenai Pekan Minggu Ceria. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Agenda Kegiatan Harian Keempat Pekan Minggu Ceria di UPTD SDN Ratujaya 1.

Ayah-Bunda, Agenda Harian Pekan Minggu Ceria pada hari ini, Kamis, 14 Mei 2020, adalah Optimalisasi Kemampuan Literasi. Kegiatan ini berupaya menggali kompetensi literasi putra-putri kita dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh dan laporan Tugas Pekan Minggu Belajar Kamis 13 Mei

Pengembangan Kompetensi Akademik berorientasi Kecakapan Hidup

Ayah bunda, yang dimaksud kompetensi akademik sederhananya adalah kemampuan yang telah diperoleh putra-putri kita selama sekolah. Ayah Bunda pasti pernah menyaksisikan putra-putri kita yang sudah bisa mengerjakan Pekerjaan Rumah sesuai dengan petunjuk gurunya. Tanpa Ayah dan Bunda bantu, mereka telah mempelajari sesuatu di sekolah. Itulah yang dimaksud dengan kompetensi akademik.

Sedangkan kecakapan hidup merupakan bagian keterampilan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kecakapan hidup ini bagian dari persiapan putra-putri kita dalam menjalani kehidupannya pada masa mendatang.

Contoh-contoh Agenda Harian Ke-4

Pekan Minggu ceria pada agenda harian saat ini menuntut siswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari siswa di sekolah, kemudian putra-putri kita dapat menerapkan ilmu pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya, ketika anak di sekolah pernah memepelajari konsep luas dari bidang berbentuk persegi. Konsep itu digunakan untuk mengukur luas kamarnya dan mengukur luas ubin. Kemudian, dapat menyimpulkan berapa banyak ubin.

Banyak sekali sebenarnya komptensi sekolah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. mengukur luas ubin, luas kamar rumah, dan mengkomunikasikannya (matematika)
  2. Putra-putri membuat bangun ruang untuk bungkus menarik (matematika)
  3. Membaca dan menyimak berita di televisi, kemudian menyampaikan ulang kepada orang lain(Bahasa Indonesia)
  4. Menjelaskan perubahan energi pada benda-benda yang ada di rumah(IPA)
  5. Menjelaskan kandungan gizi pada makanan tajil atau menjelaskan konsep larutan dalam minuman berbuka puasa(IPA)
  6. Menjelaskan cara cuci tangan selama masa pendemi covid-19.
  7. Menjelaskan beberapa daerah yang mengalami pemberlakukan PSBB (IPS konsep geografi)
  8. Membuat kerajinan untuk lebaran (SBdP)

Ayah Bunda, semua kegiatan ini dibuatkan dan dilaporkan dalam bentuk Video atau Poto ya. Buat video dalam durasi 1 menit. Kami menyarankan lebih singkat saja. Kemudian, laporkan kegiatan putra-putri kita di form di bawah ini.

Form Laporan Pekan Minggu Ceria








Silakan Unggah Media (Poto, Video, Voicenote, dll)

Kirim Media

Selanjutnya, klik tombol kirim data. Semua informasi akan diinput ke database kami.


www.sdnratujaya1.net

Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon