Saturday, 11 January 2020

Tahun 2020 Gerhana Bulan Penumbra akan Terjadi 4 Kali, Kapan itu Terjadi?

Gerhana adalah peristiwa sejajarnya antara bumi, bulan, dan matahari. Gerhana menyebabkan bumi kehilangan sumber cahayanya. Pada Tahun 2020 ini, akan terjadi 4 kali gerhana bulan penumbra. 3 di antaranya akan dapat dilihat di Indoensia. Kapan saja itu terjadi? dan Bagaimana terjadinya proses gerhana ini?
waktu yang tepat untuk melihat gerhana bulan tahun 2020

Sebagaimana bumi, bulan mengalami perputaran berupa rotasi dan revolusi bulan. Revolusi bulan perputarannya mengelilingi bumi. Revolusi bulan dapat menyebabkan bentuk bulan berubah dari tanggal-tanggal tertentu. Revolusi bulan ini sewaktu-waktu akan sejajar dengan matahari dan bumi yang dapat mengakibatkan terjadinya gerhana.



Saat terjadi gerhana, ada daerah yang merupakan bayangan-bayangan inti mapun kabur. Yaitu: Umbra dan Penumbra. Umbra adalah bayangan inti yang terbentuk dari terhalangnya cahaya matahari. Daerah yang terkena bayangan umbra akan merasakan cahaya gelap gulita. Sedangkan Penumbra adalah bayangan kabur yang sedikit terang dari umbra.

Gerhana dibagi menjadi dua yaitu:

1. Gerhana Bulan


Gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari yang menuju bulan karena terhalang oleh bumi. Bulan merupakan satelit alami yang tidak mempunyai sinarnya sendiri. Sinar bulan berasal dari matahari. Saat terjadi gerhana bulan, bulan tidak dapat memantulkan cahaya matahari karena terhalan oleh bumi.

Gerhana bulan terbagi menjadi 2, yaitu:

Gerhana bulan total


Gerhana bulan total terjadi jika bulan tepat berada pada daerah umbra

Gerhana bulan sebagian.


Gerhana sebagian terjadi jika bulan berada di amtara umbra dan penumbra. Gerhana sebagian terbagi lagi menjadi gerhana parsial dan gerhana penumbra.

Gerhana bulan parsial

Gerhana bulan terjadi jika bulan terletak tepat di antara daerah umbra dan penumbra. Gerhana bulan parsial tampak bulan terletak di daerah umbra bumi dan sebagiannya lagi di daerah penumbra bumi.

Gerhana penumbra


Gerhana bulan penumbra terjadi jika bulan berada di daerah penumbra


Perhatikan ilustrasi gambar berikut:
macam-macam gerhana bulan

Dilansir dari laman BMKG, Tahun 2020 ini akan terjadi 4 kali gerhana penumbra. Berikut perkiraan waktunya:
Gerhana ke Waktu Terjadi
111 Januari 2020 Pkl. 00.005di Indonesia
26 Juni 2020di Indonesia
35 Juli 2020tidak dapat diamati di Indonesia
430 November 2020Dapat diamati di Indonesia menjelang akhir gerhana

2.  Gerhana Matahari

gerhana matahari total
pixabay

Gerhana matahari yaitu peritiwa terttutupnya matahari oleh bulan yang mengakibatkan terhalangnya cahaya matahari sampai ke bumi. Saat terjadi gerhana matahari, posisi antara matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis lurus. Saat gerhana matahari, posisi bulan terletak antara matahari dan bumi.

Gerhana matahari dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

Gerhana matahari total


Gerhana matahari total terjadi jika permukaan bumi yang tertutupi oleh bayangan umbra bulan.

Gerhana matahari sebagian (parsial)


Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan bumi yang tertutupi penumbra bulan

Gerhana cincin

Gerhana cincin terjadi jika bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi. Sehingga panjang kerucut bayangan umbra tidak cukup menutup bumi, tetapi perpanjangan umbra bulan yang menutupi bumi (disebut Atumbra).

Perhatikan gambar gerhana cincin di bawah ini:

fase gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari sebagian
Itulah informasi mengenai gerhana bulan penumbra. Semoga bermanfaat!
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon