Wednesday, 27 March 2019

Prediksi, Kisi-kisi, dan contoh soal uraian/Essay USBN IPA SD dan pembahasannya

Assalamualaikum, Sahabat Raja_Satu ...,

Postingan kali ini kita akan menganlisa kisi-kisi soal uraian/essay mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA agar kita dapat memprediksi sendiri soal-soal apa saja yang akan kita hadapi. Mengetahui kisi-kisi soal USBN ini begitu penting karena kisi-kisi bisa dianggap sebagai gambaran dari soal-soal yang akan diujikan nanti.

soal usbn IPa sd, soal UN SD IPA 2019, prediksi soal uraian essay ipa


Kisi-kisi ini disusun berdasarkan contoh-contoh soal pra-ujian sekolah USBN SD yang telah berlangsung sejak awal semester 2 lalu. Tentunya

Tim Pengembang Kurikulum dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sedikit memberikan kode/isyarat bagi guru dan siswa bahwa soal USBN SD ini tidak akan jauh berbeda dengan yang telah diujikan pada pra-ujian sekolah.

Perlu diketahui juga bahwa Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Kabupaten/Kota merupakan pihak yang berwenang dalam menyusun soal USBN jenjang sekolah dasar. Tim ini dibentuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan memilih guru-guru pilihan atau pihak profesional. Jadi, soal UN SD (USBN SD) tidak lagi sepenuhnya disusun oleh pemerintah pusat atau provinsi.

Pemerintah pusat melalui Balitbang Kemendikbud mendistribusikan Kisi-kisi USBN SD kepada umum. Nantinya kisi-kisi ini akan dioleh olah TPK untuk dijadikan acuan dalam penyusunan soal USBN. Pemerintah pusat hanya menyumbang beberapa soal untuk dimasukkan dalam naskah soal USBN.

Pada postingan sebelumnya, Sahabat Raja_Satu dapat membaca artikel: Beginilah Cara Penyusunan Soal USBN 2 SD dan Pedoman Penskorannya, di sana Kalian akan menemukan contoh kisi-kisi soal uraian/essay USBN Matematika. Kumpulan indikator soal uraian tersebut yang harus Kalian pahami dan dipersiapkan untuk Kalian Kuasai.


Kisi-kisi Soal Uraian/Essay/Isian IPA USBN SD 2019

Untuk pelajaran IPA, Kisi-kisi soal Uraian/Essay USBN SD diprediksi sebagai berikut:

Prediksi soal nomor: 36
Ruang Lingkup Kisi-kisi USBN 2019 Penyusun
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang upaya manusia dalam keseimbangan ekosistem/pelestarian lingkungan Balitbang Kemendikbud (Pemerintah Pusat) atau Dinas Pendidikan Provinsi

Prediksi soal Nomor: 37
Ruang Lingkup Kisi-kisi USBN 2019 Penyusun
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • daur hidup hewan
  • mekanisme sistem gerak
  • mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)
  • pemeliharaan kesehatan organ
TPK Kabupaten/Kota

Prediksi Soal Nomor 38:
Ruang Lingkup Kisi-kisi USBN 2019 Penyusun
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Peserta didik mampu bernalar tentang:
  • hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan
  • percobaan pada sistem organ
TPK Kabupaten/Kota

Prediksi Soal Nomor 39:
Ruang Lingkup Kisi-kisi USBN 2019 Penyusun
Energi dan Perubahannya Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
  • pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda
  • bunyi
  • cahaya
  • perubahan energi listrik dan penghematan energi listrik
  • energi alternatif dan cara penggunaannya
  • listrik dan magnet
TPK Kabupaten/Kota

Prediksi Soal Nomor 40
Ruang Lingkup Kisi-kisi USBN 2019 Penyusun
Bumi dan Alam Semesta Peserta didik mampu bernalar tentang:
  • gerhana bulan dan gerhana matahari
  • siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
TPK Kabupaten/Kota

Contoh Indikator Soal Uraian/Essay/Isian IPA USBN SD 2019

Berikut ini adalah contoh prediksi soal Uraian/Essay IPA. Prediksi soal Uraian/Essay ini disesuaikan berdasarkan indikator kisi-kisi USBN SD Mata pelajaran IPA berikut:
No. Indikator Kisi-kisi USBN 2019
36 Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang upaya manusia dalam keseimbangan ekosistem/pelestarian lingkungan
37 Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan organ
38 Peserta didik mampu bernalar tentang hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan percobaan pada sistem organ
39 Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang listrik dan magnet
40 Peserta didik mampu bernalar tentang siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup


Contoh Soal dan Pembahasan

Dari kisi-kisi USBN IPA di atas, bentuk soal Uraian/Essay IPA USBN SD adalah sebagai berikut:
36. Pada ekosistem sawah, Pak Tani sering memberikan pupuk dan menyemprotkan pestisida agar terhindar dari gagal panen. Namun, Pak Tani terkadang menyemprotkan pestisida berlebihan dengan alasan hama yang menyerang tanaman padi terlalu banyak. Jelaskan akibat dari penggunaan pestisida yang dilakukan Pak Tani!

37. Salah satu ciri-ciri makhluk hidup adalah bernapas. Manusia bernapas dengan paru-paru melalui sistem pernapasan. Jika organ-organ dalam sistem pernapasan mengalami gangguan, maka pernapasan kita akan terganggu. Jelaskan cara menjaga kesehatan organ pernapasan!

38. Shanum bersama kelompoknya membuat alat peraga seperti gambar berikut ini:
soal penalaran tentang percobaan sistem organ paru-paru
Jelaskan Apa yang ingin Shanum bersama kelompoknya peragakan!

39. Budi diminta untuk membuatkan magnet buatan dengan alat-alat yang telah disediakan Pak Andi. Bahan-bahan tersebut berupa seutas kabel, sebuah paku panjang 15 cm, 5 buah paku triplek, baterai, satu batang magnet, satu batang logam. Dari bahan-bahan tersebut, cobalah bantu Budi untuk menjelaskan cara membuat magnet buatan beserta gambarnya seperti yang diminta Pak Andi!

40. Perhatikan gambar di bawah ini:
soal penalarran usbn un ipa tentang siklus air daur air
Jumlah air di bumi akan selalu kekal seusai karena ada siklus di atas. Namun, ada beberapa kegiatan manusia yang dapat mengganggu siklus air tersebut. Jelaskan kegiatan manusia yang dapat mengganggu siklus air beserta tahapan yang terganggunya!


Pembahasan dan Penskoran

Pembahasan nomor 36
Jawaban:
Pemberantasan hama biasa dilakukan oleh petani dengan menggunakan produk pestisida. Tujuan petani tersebut agar hama-hama yang mengganggu tanaman mereka dapat dibasmi. Namun, penggunaan pestisida yang demikian justru akan menimbulkan akibat lain yang lebih fatal. Yaitu terjadinya pencemaran dan penurunan unsur hara alami yang ada di dalam tanah.

Kriteria Penskoran:
Skor Minimal = 0
Skor Maksimal = 6

Kata kunci jawaban: pencemaran tanah dan penurunan unsur hara

Pembahasan nomor 37
Cara menjaga kesehatan organ pernapasan adalah:
  1. Menjaga lingkungan tetap bersih sehingga udara yang dihirup bebas dari polusi. Polusi udara tidak hanya bersumber dari asap  atau kendaraan, partikel tanah berupa debu juga turut beterbangan mempengaruhi kualitas udara.
  2. Memperbanyak ventilasi udara di dalam ruangan. Ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara akan mempengaruhi kualitas udara yang kita hirup.
  3. Rutin berolah raga. Olahraga membantu proses kinerja paru-paru untuk meningkatkan kapitasnya dalam menghirup dan mengembuskan udara ketika kita bernapas.
  4. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah banyak mengandung antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan organ pernapasan.
  5. Istirahat dengan cukup, misalnya dengan tidur paling lama 6 sampai 8 jam setiap hari.
  6. Gunakan masker saat bepergian. Polusi udara akibat kendaraan di tempat umum dapat mengganggu kesehatan organ pernapasan.

Kriteria penskoran:
Skor minimal = 0
Skor maksimal = 6


Kata kunci jawaban: menjaga lingkungan sehat, memperbanyak ventilasi udara, olah raga rutin, istirahat yang cukup, dan gunakan masker saat bepergian.

Pembahasan soal nomor 38
Percobaan di atas membuktikan cara kerja paru-paru ketika bernapas. Ketika menarik napas, paru-paru (balon kecil yang ada di dalam) akan mengembang. Ketika menghembuskan napas, paru-paru akan mengempis.

Kriteria penskoran:
Skor minimal = 0
Skor maksimal = 6

Kata kunci jawaban: menunjukkan cara kerja paru-paru ketika bernapas. Menghirup napas balon udara di dalam akan mengembang, mengembuskan napas, balon udara akan mengempis.
Pembahasan soal nomor 39
Cara membuat magnet

  1. Cara induksi
    Yaitu dengan cara menempelkan benda-benda yang bersifat logam dengan magnet sehingga benda yang bersifat logam tersebut dapat menarik benda-benda. kutub-kutub yang dihasilkan berlawanan dengan kutub utama yang berdekatan
    gambar
    cara membuat magnet dengan cara induksi, soal penalaran tentang magnet
  2. Cara gosokan/menggosok
    Yaitu dengan cara menggosokan benda logam dengan magnet dalam satu arah lurus. Kutub yang dihasilkan dari cara gosokkan adalah Ujung logam yang ditinggalkan magnet menjadi kutub magnet yang berlawanan dari kutub magnet yang meninggalkan.

    soal penalaran tentang cara membuat magnet dengan cara menggosok atau gosokan
  3. Memberi aliran listrik
    Yaitu dengan melilitkan kabel yang beraliran listrik.
    soal penalaran usbn ipa, cara membuat magnet dengan aliran listrik atau elektromagnetik


    Arah kutub pada magnet ini adalah dengan bantuan genggaman tangan. Keempat jari menandakan arah arus listrik (arah arus listrik mengalir dari kutub positif menuju ke kutub positif pada baterai), sedangkan ibu jari menunjukkan kutub utara pada paku. Selebihnya perhatikan gambar berikut:
    cara menentukan kutub pada magnet buatan


. Kriteria Penskoran:
Skor minimal = 0
Skor maksmal = 6

Kata kunci jawaban: Nama masing-masing cara pembuatan magnet, cara membuat magnet, dan gambar
Pembahasan soal nomor 40
Sebagai proses perputaran air, sering siklus tersebut terganggu oleh  ulah manusia itu sendiri. Kegiatan manusia yang dapat mengganggu proses daur air adalah:
  1. Penggundulan hutan
    Fungsi hutan adalah sebagai resapan air di dalam tanah. Tumbuhan memiliki akar yang meresap unsur hara dan air. Apabila hutan ditebang, maka fungsi akar tersebut tidak lagi menyerap air yang ada di dalam tanah. Tahapan terganggu: Evaporasi
  2. Penutupan tanah oleh aspal dan semen
    Proses penyemenan atau pengaspalan jalan-jalan agar tidak becek menyebabkan dampak yang mengganggu daur air. Daur air terganggu karena tidak meresap ke dalam tanah. Tahapan yang terganggu Presipitasi
  3. Pembangunan hunian (rumah) di daerah resapan air
    Pembangunan hunian di resapan air menyebabkan air lebih cepat mengering dan menguap ke udara. Akibat dari itu, air tanah semakin berkurang dan mengganggu daur air.
  4. Pencemaran air oleh limbah industri
    Limbah-limbah pabrik yang dibuang di aliran sungai menyebabkan pengendapan dan pendangkalan sungai. Keadaan tersebut menyebabkan debit air sungai yang mengalir menuju laut berkurang. Selain itu, limbah pabrik berupa asap juga mengganggu proses penguapan lebih lambat. Hal tersebut karena suhu di udara meningkat.


Skor/Nilai Jawaban Uraian/Isian adalah:
Skor maksimal = 30
Skor minimal = 0

Skor Akhir USBN IPA dihitung berdasarkan formula:
Nilai Akhir USBN SD IPA = 70% Nilai Pilihan Ganda + 30% Nilai Uraian/Essay

Semoga bermanfaat
Share ya...

Silakan berkomentar dengan bijak. Komentar Anda tidak segera muncul karena diatur moderasi komentar. Komentar Anda akan muncul setelah kami menyetujuinya. Komentar dengan mencantumkan link aktif, unsur sara, ataupun yang melanggar TOS kami tidak akan dipublikasikan. Terima kasih
EmoticonEmoticon